Cara Menghilangkan (Blokir) Iklan di Smartphone Android

1415
blokir iklan ads android

Teknologi.info – Anda sebagai pengguna ponsel bersistem operasi Android tentu kerap kali pernah menemukan iklan yang tiba-tiba muncul ketika sedang browsing atau hanya sekedar bermain game. Bahkan, pada beberapa jenis iklan yang cukup agresif, ketika kembali ke menu home/awal saja bisa muncul tiba-tiba di layar. Cukup menjengkelkan, bukan?

Berbicara iklan pada aplikasi yang ada di Android ataupun sistem operasi lain tentunya tidak akan berkesudahan. Lantas, bagaimana tips mudah cara memblokir atau menghilangkan iklan di ponsel Android? Secara umum, ada 2 cara untuk menghilangkan iklan di smartphone Android, yakni untuk ponsel yang non-root dan yang sudah diroot.

Device yang sudah diRoot

  1. Cari dan pasang aplikasi bernama AdAway.
  2. Sudah? Sekarang buka dan jalankan AdAway. Nanti Anda akan diarahkan untuk mengunduh beberapa aplikasi pendukung untuk menghapus atau blokir iklan yang ada pada smartphone Android milik Anda.

Device yang Non-Root

Bagi kebanyakan orang, mungkin ini adalah cara paling aman karena untuk melakukan root pada sebuah ponsel Android dibutuhkan pengetahuan khusus jika tidak ingin ponsel Anda malah tidak mau nyala lagi setelah melakukan root. Adapun caranya untuk versi non-root ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan/Setting kemudian pilih Aplikasi > Keamanan > Sumber Tidak Dikenali (Aplication > Security > Unknown Sources).
  2. Berikan tanda centang pada kotak yang tersedia dan klik OK untuk mengkonfirmasi jika Anda ingin melakukan perubahan.
  3. Kemudian cari dan pasang aplikasi bernama Ad Block Plus. Lakukan beberapa pengaturan yang dianggap perlu, kemudian selesai.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang mungkin bisa berguna dalam hal blokir-memblokir iklan. Hanya saja, dua contoh di atas adalah yang paling banyak direferensikan.

aplikasi blokir iklan terbaik untuk andorid

Iklan sering kali muncul karena “bawaan” dari aplikasi yang kita unduh dan pasang. Dari sinilah aplikasi gratis -salah satunya- memperoleh pendapatan dari free apps mereka. Sebenarnya ada cara yang cukup sederhana untuk memblokir iklan tanpa melibatkan aplikasi apapun. Yakni, dengan mematikan koneksi internet/data. Tapi, cara ini akan menyulitkan bagi yang memiliki mobilitas tinggi serta bergantung dengan ketersediaan internet. Mudah-mudahan Android nanti bisa “meniru” pola iOS yang bisa dipilah-pilah aplikasi apa saja yang bisa menggunakan data internet sehingga tidak perlu mematikan koneksi seluruhnya.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memberantas iklan yang sangat menganggu. Akan tetapi, mohon diwhitelist juga aplikasi yang bermanfaat dengan iklan wajar (tidak menganggu), karena dari iklan lah pihak pengembang bisa terus memberikan yang gratis atau, jika ada versi pro (umumnya tanpa iklan), beli saja; Anda nyaman tanpa iklan, developer pun senang 🙂