Bisnis e-Commerce Kolaborasi dengan Industri Kreatif Kalsel

360
Seminar IT Nasional dengan tema e-Commerce

Teknologi.info – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM) FMIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sukses menggelar Seminar IT Nasional bertema “Buka Wawasan dan Genggam Kesuksesan Melalui Bisnis e-Commerce”.

Acara yang dilaksanakan pada Minggu, 25 September 2016 di Hotel Novotel Banjarbaru, dihadiri peserta lebih dari 300 orang. Peserta seminar yang terkumpul dari berbagai latar belakang seperti pelajar, mahasiswa, dosen hingga masyarakat umum.

Seminar dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan moderator Gusti Rahmad Haryadi memperkenalkan pembicara yaitu Arthur Putrajaya Firgo sebagai Business Merchant & Development Tokopedia, Farid Fathurrahman, ST sebagai Ketua Kalsel Kreatif Forum (Forum Industri Kreatif) dan Fajeri Hidayat sebagai seller Tokopedia dari Kalimantan Selatan.

Farid menyampaikan bahwa forum yang dipimpinnya juga mengandalkan e-Commerce dalam mengenalkan dan memasarkan produk untuk anggotanya. Farid menambahkan dengan adanya forum yang mendukung usaha kreatif, maka bisa memunculkan produk unggulan bagi Kalsel untuk bersaing dengan daerah lain.

Selaku penjual yang menggunakan e-Commerce yaitu Tokopedia, Fajeri sangat terbantu dalam memasarkan barang yang dijualnya. Uniknya produk yang dijual adalah barang-barang yang ada di Kalsel seperti lampit dari rotan, makanan khas macam ikan kering, amplang ikan dan masih banyak lagi.

Seminar IT Nasional dengan tema e-Commerce
Seminar IT Nasional dengan tema e-Commerce

Arthur menjelaskan bahwa lahirnya Tokopedia sesuai dengan visi yaitu membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet. Dimana bisa memberikan inspirasi dan mendorong semua orang untuk bisa menciptakan peluang dan manfaat kepada orang yang ada disekitar melalui internet.

“Saya senang sekali seminar ini bisa berjalan sangat lancar dan peserta sangat antusias. Karena lewat acara ini dapat meningkatkan awareness generasi-generasi muda dan masyarakat akan dunia e-Commerce. Juga bagaimana mereka dapat menciptakan peluang mereka disana,” jelas Arthur dengan semangatnya.

Miftahul Muhaemen sebagai ketua pelaksana seminar dalam pernyataannya, “Syukur Alhamdulillah acara ini bisa diselenggarakan dengan baik dan lancar. Serta dengan peserta yang sangat antusias. Dan saya memohon maaf kepada para peserta yang tidak berkesempatan untuk mengikuti seminar ini, karena sampai ditutupnya pendaftaran masih saja ada yang ingin mendaftar.”

Advertisements