Hebat! Mahasiswa Ini Terbangkan Drone dengan Kekuatan ‘Pikiran’

1176
Menerbangkan drone dengan kekuatan pikiran

Teknologi.info – Secara umum, menerbangkan sebuah drone atau pesawat tanpa awak harus dilakukan dengan perangkat tertentu, misalnya remot atau ponsel pintar. Akan tetapi, seorang mahasiswa dari University of Florida menemukan sebuah cara yang unik untuk menerbangkan drone, yakni dengan menggunakan kekuatan ‘pikiran’.

Juan Gilbert, mahasiswa fakultas ilmu komputer dan teknik menyatakan bahwa ia menggunakan sebuah teknologi untuk dapat mengontrol dan menerbangkan drone tersebut. Teknologi tersebut bernama ‘Brain-Computer Interface’ (BCI) yang diketahui dapat memberikan kemampuan untuk bisa mengontrol perangkat eksternal di luar pikirannya.

Gilbert menyatakan bahwa hal tersebut semacam telekinesis atau kekuatan menguasai ‘Force’ layaknya kekuatan pikiran yang ada di film Star Wars. Ia juga menyatakan bahwa teknologi ini juga bisa membantu mereka yang lumpuh untuk bisa belajar bagaimana berjalan.

Secara umum, cara kerjanya sangat sederhana. Sebuah perangkat head band electro encephalogram (EEG) dipasang kepada mahasiswa dan kemudian perangkat tersebut akan mengukur tekanan elektrik dari otak sang pengguna.

Sinyal dari tekanan tersebut nantinya akan diukur dan diproses oleh sebuah perangkat lunak dan menjadi sebuah perintah untuk mengontrol drone.

Gilbert sendiri melanjutkan bahwa ia berharap suatu hari manusia bisa menerbangkan drone dengan menggunakan pikiran saja. Walaupun ini masih sekedar sebuah eksperimen, namun semoga saja ini menjadi cikal-bakal teknologi kekuatan ‘pikiran’ di masa akan datang.

Comments