Beranda » Mobile » Spesifikasi iPhone 7, Masihkah Relevan Digunakan Sekarang?

Spesifikasi iPhone 7, Masihkah Relevan Digunakan Sekarang?

Teknologi.info – iPhone selama ini identik dengan smartphone dengan harga mahal yang banyak dimiliki oleh kalangan atas. Padahal, jika ditelisik lebih jauh banyak juga seri iPhone yang harganya murah meriah. Bahkan beberapa setara dengan harga Android. Salah satu produk yang murah meriah adalah iPhone 7.

Harga iPhone 7 di awal kemunculannya dipatok mulai dari Rp 13 jutaan. Namun sekarang sudah turun jauh mulai dari Rp3 jutaan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di marketplace seperti Shopee. Jika belum punya uang, bisa andalkan terlebih dahulu Shopee PayLater. Kamu bisa berkesempatan dapatkan promo cashback sampai Rp1 juta.

iPhone 7 pernah jaya di masanya dan kala itu peminatnya sangat banyak. Apakah masih relevan jika digunakan sekarang? Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kulik terlebih dahulu berbagai spesifikasi iPhone 7.

Spesifikasi iPhone 7

1. Prosesor yang Diusung

Smartphone satu ini sudah dirilis sejak tahun 2016 berbarengan dengan iPhone 7 Plus. Meski sudah 6 tahun berlalu, spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini tetap bisa dibilang gahar di zamannya.

Pasalnya, sudah mengusung chipset Apple A10 Fusion (16nm). Sistem operasi yang diusung sudah iOS 10.01 yang bisa diperbarui sampai  iOS 15.7. Sementara CPU yang diusung Quad-Core 2.34 GHz (wx Hurricane + 2x Zephyr) dan GPU PowerVR Series7XT Plus.

2. Ukuran dan Resolusi Layar

Dari segi layarnya, memang tidak terlalu besar namun masih cukup untuk diandalkan berbagai aktivitas. Ukurannya adalah 4,7 inci dengan berat 138 gram saja. Jadi sangat mudah untuk dibawa bepergian dan tidak memakan banyak tempat. Resolusi yang diusung adalah 750 x 1334 piksel (16:9).

Layarnya sudah menggunakan Retina IPS LCD capacitive touchscreen. Juga telah dilindungi dengan Ion-Strengthened Glass yang membuat layarnya tahan gores. Di bagian depannya juga ada home button dan 3D Touch display.

Selain itu, ponsel ini juga telah mendapatkan sertifikat IP67 yang membuatnya tahan debu dan tahan air. Ponsel ini akan aman masuk ke kolam atau air di kedalaman sampai 1 meter dalam kurun waktu 30 menit.

3. Ukuran RAM dan Memori Internal

Ponsel berbasis iOS ini memiliki ukuran RAM 2GB. Sementara untuk memori internalnya ada tiga pilihan, yaitu 32GB, 128GB, dan juga 256GB. Jika kamu merupakan sosok yang perlu banyak space, misalnya saja berprofesi sebagai konten kreator, memilih memori paling besar merupakan keputusan yang bijak.

4. Dari Segi Kamera

iPhone selama ini selalu kondang memiliki kualitas kamera jempolan, sebagaimana dengan produk satu ini. Dari segi kamera utama adalah single camera dengan ukurannya 12MP yang sudah memiliki berbagai fitur canggih. Contohnya saja Quad-LED dual-tone flash, HDR, PDAF, dan juga OIS. Sementara untuk video, bisa sampai [email protected]

Kemudian untuk kamera selfienya sendiri, memiliki ukuran 7 MP dengan fitur seperti Face Detection, HDR, dan juga Panorama. Videonya bisa sampai kualitas [email protected]

5. Kapasitas Baterai

Selanjutnya, dari segi baterai ponsel ini sudah dibekali Li-Ion 1960 mAh. Ukuran baterai tersebut bisa digunakan untuk panggilan sampai dengan 14 jam lamanya. Jenis baterainya adalah non-removable dengan ukuran 7.45 Wh. Meski dibilang kapasitas baterainya kecil, namun masih bisa diandalkan untuk lancarnya komunikasi.

6. Desain dan Pilihan Warna iPhone 7

Desain yang ditawarkan oleh iPhone 7 ini juga menunjukkan sisi minimalis namun tetap elegan. Bahan pembuat bodynya adalah aluminium unibody dan sudah dilengkapi dengan lengkungan tangga. Sehingga saat digenggam akan tetap nyaman, tidak menimbulkan rasa sakit saat digenggam lebih kencang.

Pilihan warna dari ponsel ini cukup banyak. Mulai dari warna-warna netral sampai dengan girly. Warnanya antara lain Jet Black, Black, Rose Gold, Red, dan juga Silver. Dari segi keamanan, ponsel besutan Apple ini sudah menggunakan fingerprint.

Apakah iPhone 7 Masih Relevan Digunakan Sekarang?

Di bulan-bulan akhir tahun 2022, sudah banyak sekali ponsel baru yang lebih canggih dari iPhone 7. Bahkan produk keluaran Apple pun juga kian bervariasi. Meski begitu, iPhone 7 ini masih sangat relevan digunakan sampai sekarang. Pasalnya, sistem operasinya juga bisa diperbarui dengan mudah, masih relevan untuk berbagai kebutuhan.

Cicil HP iPhone dengan SPayLater

Selain yang sudah disebutkan, bagi pelajar atau para pengguna awal iPhone, versi satu ini sudah sangat cukup untuk kegiatan sehari-hari. Apalagi dari segi harga juga sangat murah, kamu tinggal ajukan cicilan Hp iPhone di marketplace terpercaya seperti Shopee. Bisa gunakan PayLater atau Kartu Kredit ya.

Jika kamu beli iPhone di Shopee dengan PayLater, bisa dapatkan berbagai promo menggoda. Limitnya juga besar, kamu bisa cicil barang kebutuhan lainnya hingga 12 bulan. Misalnya saja charger, smartwatch, dan lain sebagainya.

Photo of author
Penulis
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.