BIIMA Aplikasi tentang Hak Kekayaan Intelektual dari Bekraf

569
BIIMA, Hak Kekayaan Intelektual, Aplikasi Android, Badan Ekonomi Kreatif
Aplikasi BIIMA tentang Info HKI

Teknologi.info – Badan Ekonomi Kreatif disingkat Bekraf, baru-baru ini meluncurkan aplikasi untuk smartphone tentang informasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Aplikasi yang tersedia untuk smartphone Android ini menyajikan informasi dasar hingga syarat dan ketentuan dalam mengurus perizinan sebuah HKI untuk produk kreatif.

Aplikasi tersebut  dinamakan BIIMA singkatan dari BEKRAF`s IPR (Intellectual Property Rights) Info in Mobile Apps. BIIMA digunakan untuk masyarakat secara umum, dan secara khusus pengguna dari pelaku ekonomi kreatif. Tujuan dari aplikasi ini adalah membantu pengguna dalam memahami perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual bagi produk-produk ekonomi kreatif yang dihasilkan.

Tujuan lainnya pengguna dapat mengetahui cara perlindungan jenis HKI, lalu cara mengajukan produk untuk mendapatkan HKI sehingga produk tersebut dapat meningkat nilai ekonomisnya dimata pelanggan produk. Semua itu disediakan dalam aplikasi yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja.

Saat peluncuran aplikasi ini di ajang Social Media Week, Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan bahwa, “Aplikasi BIIMA dikembangkan untuk mendukung kerja kreatif kita semua dalam konteks Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang perolehannya dapat meningkatkan nilai ekonomis sebuah produk kreatif.”

Dalam aplikasi yang dibuat Bekraf ini ada tiga menu pada halaman utamanya yaitu menu Apa Produk Anda?, menu Sentra Informasi, dan menu Layanan Bantuan. Jika kita memilih menu Apa Produk Anda? maka akan tersaji pilihan kategori sesuai produk kreatif yang ada yaitu Suara, Gambar/Foto, Gambar Bergerak, Tari, Fashion, Tulisan, Kriya, Kuliner, dan Teknologi/Software.

Apabila memilih salah satu kategori makan dihadapkan dengan sub kategori yang lebih detail termasuk biaya permohonan. Dalam menu Sentra Informasi disediakan informasi mengenai merek, paten, hak cipta, desain industri, tata letak sirkuit terpadu, dan rahasia dagang. Semua itu sudah termasuk biaya permhonan maupun perpanjangan.

Menu Layanan Bantuan menemui informasi tentang aplikasi, email, dan alamat kantor Bekraf. Terdapat juga daftar pertanyaan umum tentang Hak Kekayaan Intelektual.

Rencana aplikasi untuk iOS masih dalam tahap pengembangan dan diharapkan tersedia dalam waktu dekat. Aplikasi ini memang bagus dan lengkap dalam menampilkan informasi tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Mungkin dalam update kedepannya bisa menambahkan fitur untuk mendaftarkan produk kreatif mendapatkan HKI-nya secara online.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang ada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri bidang pariwisata. Bekraf sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang bertanggungjawab terhadap pengembangan 16 subsektor di industri kreatif, yaitu bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, video, fotografi, kriya, kuliner, music, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Comments