Tips Seru Bikin Foto Melayang alias Levitasi

328
Contoh Foto Levitasi (Sumber: Google Search Images)

Teknologi.info – Jika kamu sering melihat foto seseorang melayang, meloncat tinggi, terbang dan sejenisnya di akun Instagram. Maka itulah namanya foto levitasi yang sering dilakukan pemuda-pemudi Indonesia di Instagram. Bagi kamu yang ingin mencoba foto levitasi tersebut, berikut tipsnya.

Buat konsep yang unik dan menakjubkan serta siapkan alat bantu. Konsep yang diusung harus jelas sehingga menghasilkan foto berkualitas, jadi tidak hanya loncat saja tanpa makna.

Setelah dapat konsep, pilih juga latar atau background yang sesuai sehingga ketika memperagakan loncat, yang meloncat itu lebih menonjol daripada latarnya. Jadi hindari latar yang penuh detail dan ramai.

Bawa alat bantu yang dibutuhkan sesuai dengan konsep dan background yang ditentukan. Alat bantu seperti balon, buku, payung, kain dan lain-lain. Perlu juga alas yang empuk jika meloncat takut jatuh.

Selalu fokus terhadap objek walaupun belum meloncat. Untuk menjaga fokus terhadap kamu yang meloncat, arahkan tongkat atau tangan yang dijulurkan ke depan sebelum meloncat.

Bersikap alami alias natural, jangan sampai terlihat kaku. Saat meloncat, pastikan gaya tetap natural mengikuti konsep yang dibuat. Tidak masalah jika terjadi pengulangan dalam mengambil foto, asalkan terlihat natural.

Dalam foto levitasi, shutter kecepatan tinggi adalah kunci utamanya. Paling tidak shutter 1/8000 untuk membuat objek tampak diam saat meloncat di udara. Pilihan lain yaitu Scene Sport untuk memotret objek yang bergerak cepat.

Sumber cahaya untuk menghasilkan foto levitasi harus cukup. Lebih bagus melakukan foto ini diluar ruangan terutama saat sinar matahari sedang bagus-bagusnya. Jika di dalam ruangan diperlukan trik khusus untuk menentukan cahayanya, seperti lampu sorot atau sinar matahari masuk lewat jendela.

Misalkan tidak ada fitur shutter speed (pengatur kecepatan), bisa gunakan Burst Mode untuk menangkap objek secara berurutan, seperti sekali pencet tombol kamera dapat 10 foto sekaligus. Walaupun hasil yang didapatkan kurang tajam, tapi posisi orang yang sedang meloncat tidak terlewatkan.

Nah, bagi kamu yang sangat tertarik dengan foto levitasi, ada komunitas yang menyukai fotografi levitasi di Indonesia yaitu LevitasiHore. Dalam komunitas tersebut dapat mempelajari teknik fotografi hingga berbagi foto levitasi kamu melalui website dan akun social media mereka di Facebook, Instagram dan Twitter.

Comments