Blibli.com dan BEKRAF Adakan Kompetisi Creativepreneur Bernama The Big Start Indonesia

498
The Big Start Indonesia, Kompetisi Pencarian Pengusaha Kreatif dan Inovatif yang diadakan Blibli dan BEKRAF

Teknologi.info – Blibli bersama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) meluncurkan kompetisi bagi masyarakat Indonesia untuk mencari pengusaha kreatif dan inovatif dengan nama The Big Start Indonesia. Lomba ini juga didukung oleh Google, Facebook, YouTube, Instagram, Podomoro University, Djarum Foundation dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Diadakan program ini bertujuan untuk membantu para pengusaha lokal dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih maju dan dikenal lebih luas. Yang bisa mengikuti kompetisi ini terbuka untuk pemilik Usaha Kecil Menengah dari seluruh Indonesia dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 45 tahun. UKM yang ikut mempunyai produk sendiri minimal 3 macam yang siap jual.

Untuk mendaftar tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi kunjungi website The Big Start Indonesia, daftarkan produk, isi data diri dan produk, serta lakukan konfirmasi email. Selanjutnya, upload foto atau video produk hingga nanti diumumkan 100 pemenang terpilih (Top 100) untuk maju ke tahap selanjutnya pada tanggal 16 Agustus 2016.

Dari 100 tersebut akan dipilih 20 finalis (Top 20) yang diumumkan pada tanggal 24 Agustus. 20 finalis akan dibawa ke Jakarta untuk ikut dalam program reality show web series The Big Start Indonesia yang tayang di Channel YouTube (@TheBigStarID) mulai bulan September hingga Oktober 2016 setiap hari Selasa dan Kamis. Terakhir, akan dipilih pemenang yang akan mendapatkan hadiah.

Uniknya kompetisi ini adalah jalannya kompetisi dari karantina selama 2 minggu bagi Top 20 yang ditayangkan di channel YouTube The Big Start Indonesia. Nantinya dapat dilihat suasana karantina seperti pelatihan dan tantangan bisnis langsung dari para ahli.

“Mengapa web series? Karena ini platform digital dan kami ingin selalu menggunakan platform digital. Dan pemilihan YouTube sebagai saluran karena kami melihat YouTube punya jangkauan yang lebih luas. Sehingga orang-orang di Amerika Serikat pun juga bisa mengakses,” ujar Stephanie Yoe, Business Development Manager Blibli.com dikutip dari Detik.com.

Kategori pengusaha yang bisa ikut adalah teknologi & elektronik, fashion, ibu & anak, kerajinan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, hobi & olahraga, otomotif dan lain-lain.

Tim mentor sekaligus juri kompetisi ini adalah Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Daniel Mananta (CEO Damn! I Love Indonesia), Stephanie Yoe (Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com), Renitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), dan Henry C. Widjaja (Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra).

Suasana peluncuran The Big Start Indonesia (sumber foto: ArenaLTE.com)
Suasana peluncuran The Big Start Indonesia (sumber foto: ArenaLTE.com)

CEO Blibli.com, Kusuma Martanto dikutip dari Beritagar.id menjelaskan saat peluncuran, “Kami berharap, The Big Start Indonesia akan menjadi pemicu lahirnya pengusaha-pengusaha kreatif baru di Indonesia. Kami mencari pengusaha muda Indonesia yang punya mental dan tahu bagaimana menyiasati cara untuk membuat produk yang bagus.”

Kusuma menambahkan alasan kompetisi ini diadakan dikutip dari Detik.com, “Sebagai perusahaan Indonesia dan ingin meng-empower Indonesia kami punya keinginan untuk mengembangkan produk Indonesia. Untuk itulah ide The Big Start Indonesia ini tercetus.”

Triawan Munaf berharap peserta kompetisi bisa kreatif saat ikut program ini, “Yang pasti pengusaha kreatif itu harus punya mental. Bagaimana pengusaha itu bisa melihat dan menyiasati sesuatu, mencari solusi untuk produk yang berbeda.”

Tanggapan Daniel Mananta yang semangat atas keterlibatannya diutarakan seperti dikutip dari KapanLagi.com, “Gue siap jadi juri The Big Start Indonesia. Biasanya gue related banget sama acara music dan sekarang jadi juri acara entrepreneur lebih semangat.”

Daniel membocorkan kualifikasi pengusaha yang dicari, “Kita mencari pemenang yang out of the box. Karena mereka datang ke Jakarta sebagai individual, bukan produk. Kita akan melihat cara mereka berpikir. Tastenya harus international benchmark.”

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini segera ikuti kompetisi yang akan memberikan hadiah uang tunai total 1 miliar rupiah. Selain itu juga mendapatkan sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual), bimbingan dari para ahli, kesempatan memperluas jaringan distribusi, networking dan banyak lagi. Segera register di website karena tanggal 14 Agustus itu pendaftaran terakhir.

Advertisements