Uji Alat Terbaru, Facebook Akan Berperang Melawan Akun-Akun Palsu

1160
Facebook akan berantas akun-akun palsu

Teknologi.info – Facebook berencana akan menyapu bersih semua akun palsu yang terindikasi meniru nama pengguna lain. Saat ini, pihak Facebook sedang menguji sebuah alat yang mampu memberi peringatan kepada pengguna jika terdapat akun baru yang dibuat menggunakan foto profil dan nama mereka.

Alat tersebut nantinya akan meminta si pemilik akun asli untuk menandai akun tipuan tersebut. Setelah diberi tanda, secara manual pihak Facebook akan mengevaluasi akun tersebut.

Jika kemudian terbukti melanggar, secara permanen akun profil palsu tersebut akan dipasangi tanda “imposter” atau “penipu”. Tujuan dari rencana ini sebenarnya adalah untuk meminimalisir tindak penipuan dan pelecahan di jagat maya yang mayoritas dialami oleh para wanita.

Untuk menjamin para pengguna wanita, Facebook sendiri telah mengembangkan fitur anti kekerasan dan pelecehan di dalam layanannya. Sejak bulan November lalu, tim Facebook sudah berhasil mengembangkan dan melakukan beberapa uji coba ke 75 persen penggunanya.

Keberadaan akun palsu sendiri diunggapkan Mark Zuckerberg banyak terjadi di negara berkembang, salah satunya India. Banyak pria di India membuat akun dengan nama, foto profil, dan gender perempuan.

Tak jelas apa motif para pria tersebut berbuat demikian. Namun, kejadian ini berakibat buruk terhadap wanita India yang akhirnya merasa takut untuk menggunakan Facebook.