Tak Mau Kalah, Sony Buat Studio Game Baru Khusus Smartphone

447
Sony akan luncurkan game smartphone pertama

Teknologi.info – Melihat pengguna ponsel pintar yang semakin hari semakin meningkat membuat para pengembang game konsol tergiur untuk terjun ke bisnis mobile game. Beberapa hari yang lalu, Nintendo telah merilis game mobile pertamanya bernama Miitomo. Kini, giliran Sony yang ingin menerjunkan game PlayStation untuk perangkat iOS dan Android.

Lebih ekstrem dari Nintendo, Sony dikabarkan membuat anak perusahaan baru yang bernama ForwardWorks. Anak perusahaan ini dipimpin oleh Atsushi Morita, yang sekaligus menjabat sebagai SCE Head of Japan & Asia. Untuk permulaan, perusahaan baru Sony ini hanya berfokus di pasar Jepang dan Asia untuk pengembangan game-game berbasis mobile ARM di iOS dan Android.

Atsushi Morita, presiden dari Sony Computer Entertainment Japan Asia (SCEJA)
Atsushi Morita, presiden dari Sony Computer Entertainment Japan Asia (SCEJA)

ForwardWorks akan resmi beroperasi pada tanggal 1 April 2016 nanti. Dengan dukungan pengalaman Sony di pasar video game, perusahaan baru ini akan membuat game mobile dengan karakter di PlayStation. Namun, sampai saat ini belum diketahui kapan game mobile pertama mereka akan dirilis. Dugaan sementara seperti game eksklusif buatan Sony, seperti Last of Us atau Uncharted.

Kehadiran ForwardWorks juga sebagai jalan keluar dari strategi PlayStation Mobile yang gagal tahun lalu. Sebagai referensi, PlayStation Mobile sendiri merupakan jembatan yang memungkinkan game-game indie mobile dapat dijalankan di PS Vita dan membawa game-game lawas PS1 ke ponsel pintar Xperia dan perangkat lainnya.

Advertisements