Coba Game Gratis Seru untuk Anak

212
Coba Game Gratis Seru untuk Anak
Ilustrasi Anak Sedang Bermain Game

Teknologi.info – Mungkin beberapa keluarga menganggap bahwa bermain game itu kurang baik. Meskipun memang, untuk anak-anak harus diberi aturan yang tegas agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu dengan gadget-nya (screen time).

Game bukan hanya pengalaman bermain sendiri. Game bisa saja menjadi cara yang bagus bagi keluarga untuk terhubung satu sama lain, terutama pada saat semua orang berkumpul rumah.

Beberapa game bahkan dibuat sangat mendidik. Tergantung jenis game-nya apa, hal ini bisa merangsang perkembangan gerak motorik dan memperkuat pemikirannya (seperti game-game bertema logika). Permainan yang dapat dimainkan bersama dengan seluruh keluarga, termasuk anak-anak, membuat pengalaman ikatan yang luar biasa dan juga menawarkan kesempatan untuk berbagi momen pengajaran. Pengalaman dan kenangan si kecil dengan orang tua pun jadi jauh lebih menyenangkan.

Dalam perjalanan kami untuk mencari permainan baru di ranah maya yang bersifat gratis dan tanpa perlu install, kami sampai di Plays.org. Dan sekarang, kami terkejut karena ada banyak banget game dengan berbagai jenis di sini.

Nah, di bawah ini nanti akan kami sajikan game-game yang cocok dimainkan untuk anak-anak dan yang terpenting, Anda tidak harus mendownloadnya ataupun membayarnya karena game yang nanti ada berupa game yang berbasis peramban (browser based). Jadi cukup buka browser/peramban Anda. Kami mencoba melalui browser Safari dan Google Chrome, yang manapun bisa digunakan. Kemudian, pilih game-nya dan mulailah bermain.

Saat ini, Plays.org memiliki sekitar 100 game untuk dimainkan — dari arcade klasik seperti Tetris dan Space Invader hingga simulator penerbangan dan simulasi toko kelontong yang sangat menyenangkan. Anda pasti akan menemukan game yang membuat hati tertarik.

1. Virus Attack

Free Games Virus Attack

Sebagai seseorang yang dulu banyak menghabiskan banyak waktu sebagai anak-anak dengan bermain “dr. Mario” di Nintendo, meski berbeda genre-nya, game Virus Attack ini memiliki misi yang sama, yakni mengalahkan virus. Bedanya, di “Virus Attack” ini, kita harus menguasai area sesuai perintah misalnya jika ingin mengalahkan virus maka harus menguasai area 55%.

Jadi, kita harus membaca pergerakan virus dan memperkirakan timing yang tepat. Anak-anak yang bermain ini akan berlatih menggunakan nalar dan presisi waktu sebelum atau saat mengambil keputusan.

Persentase yang ada pada game ini pun bisa kami jadikan pelajaran untuk cakupan vaksin dengan menjelaskan kepada anak mengapa vaksinasi itu penting di masa pandemi seperti sekarang ini. Yuk coba game ini secara gratis di https://plays.org/virus-attack/

2. I Love Hue

game i love hue

Game puzzle dengan bentuk warna-warna ini cukup menarik, bahkan bagi kami para orang tua. Game ini mengacak warna, kemudian kita bertugas menyusunnya kembali.

Sepintas tampak mudah, seiring bertambahnya level alur acaknya akan semakin susah. Tapi anak-anak senang bermain ini. Mereka merasa seperti sedang menyusun warna dari crayon.

Game ini melatih anak membedakan warna dan mengasah keteraturan yang dihasikan gradasi warna. Anda bisa memainkan di https://plays.org/game/i-love-hue/

3. Rubi’s Lazer Maze

Rubi's Lazer Maze

Game ketiga yang kami coba ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Game ini melatih logika anak. Dengan game ini kami juga bisa menjelaskan kepada anak bagaimana sifat cahaya.

Rubi's Lazer Maze GIF

Kita hanya bertugas mengarahkan kristal (kami menyebutnya cermin yang bisa memantulkan cahaya) agar sinar laser bisa sampai ke tujuan.

Silakan coba memainkannya di https://plays.org/rubis-lazer-maze/

rubi lazer maze completed


Jika Anda ingin mengexplorasinya, ada banyak sekali game gratis yang disajikan. Sebelum menyerahkan ke anak, Anda bisa mencobanya. Sedikit-banyak, situs ini perlahan membuka ruang-ruang nostalgia masa kecil yang akhirnya teringat kembali dan bisa diceritakan saat bermain bersama anak-anak.

Bagaimana dengan Anda? Sudah bermain apa hari ini? Jangan lupa waktu, yak 🙂