Cara Menambah RAM Android

Share:

Teknologi.infoRandom Access Memory (RAM) pada smartphone Android sejatinya merupakan “alat” yang bisa kita bongkar-pasang selayaknya menganti RAM milik komputer. Cara menambah ram di Android kali ini tidak dengan menganti komponen RAM default ponsel cerdas Anda. Pada dasarnya, jika HP Android Anda memiliki RAM sebesar 1 GB, kemudian ingin menganti atau menambah RAM berukuran 4 GB, ini jelas adalah hal yang tidak bisa kita lakukan.

Para vendor ponsel pintar pun sudah memperhitungkan kinerja sebuah device dengan kapasitas RAM yang dimilikinya agar smartphone bisa beroperasi lancar. Hanya saja, terkadang dibutuhkan “RAM” yang lebih ekstra dalam penggunaan aplikasi tertentu. Untuk itu, Teknologi.info akan menyajikan informasi yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas RAM di smartphone Android.

Cara Menambah RAM dengan menggunakan Swapper for Root

Pada prinsipnya, menambah RAM yang dimaksud adalah mengoptimalkan RAM yang ada dengan Virtual Memory yang nanti akan kita buat. Virtual Memory ini bisa dilakukan melalui Swap PartitionSwap File, dan/atau zRAM. Secara sederhana, virtual memory ini nantinya adalah sebagai pendukung kinerja RAM “asli” perangkat Android.

Dalam contoh kali ini, kita akan menggunakan teknik Swap File yang memanfaatkan kapasitas penyimpanan (storage) yang tidak terpakai (free). Aplikasi yang digunakan untuk melakukan Swap File ini adalah Swapper for Root (bisa didownload di http://www.appbrain.com/app/swapper-for-root/org.azasoft.free.swapper). Berikut urutan langkah-langkah dalam memperbesar RAM Android dengan Swapper for Root:

  1. Pastikan HP Android Anda sudah berstatus “Rooted“.
  2. Unduh dan pasang (install) aplikasi penambah RAM Swapper for Root.
  3. Masuk ke Swapper for Root > Active Swap on Boot > Swap File Partition > SD Card FAT Partition.
  4. Ketikkan jumlah kapasitas “memory virtual” untuk kapasitas Swap (sesuaikan dengan kapasitas yang tersedia/free space dari SD Card/External Memory)
  5. Simpan/Save.
  6. Tunggu proses selesai, kemudian lakukan Reboot.
  7. Selesai.

Yang WAJIB Anda perhatikan adalah penambahan atau memperbesar RAM dengan menggunakan sisa penyimpanan bebas (free space) di SD Card dapat mengurangi umur pemakaian memori eksternal tersebut mengingat penggunaan Swap ini mengharuskan kinerja terus menerus pada SD Card di Android.

Itulah yang dinamakan Swap File. Jika menggunakan cara zRAM, kapasitas yang digunakan adalah internal memory; bukan external memory. Versi ini juga sangat beresiko karena Android akan nge-lag atau “hang” jika kapasitas internal kehabisan space. Lakukan cara memperbesar RAM Android di atas jika hanya benar-benar terpaksa. Salah-salah, kinerja yang berlebih bisa berimbas pada komponen lain. So, bijaksanalah dalam “menambah RAM” di Smartphone Android.

Cara Menambah RAM Android | Jimmy Ahyari | 4.5

Kirim Komentar