Kelamaan Bermain Smartphone, Buat Mata Anak Juling

816
Ilustrasi Anak Menggunakan Smartphone

Teknologi.info – Di zaman sekarang penggunaan smartphone tidak hanya pada orang tua dan remaja, tetapi anak-anak sudah mengikuti tren untuk menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Apakah ada potensi bagi anak-anak dalam menggunakan smartphone untuk kesehatannya?

Potensi yang mengganggu kesehatan bagi anak-anak dalam menggunakan smartphone terbesar di bagian mata. Seperti studi yang dilakukan oleh dokter di Chonnam National University Hospital di Seoul, Korea Selatan.

Dalam studi tersebut dilaporkan penggunaan smartphone berlebihan pada anak-anak sepanjang waktu mereka dapat mengakibatkan convergent strabismus. Yaitu kondisi mata pada pasien penderita yang bertahap bergerak ke dalam hingga akhirnya juling.

Studi tersebut melibatkan 12 anak-anak yang berusia 7-16 tahun dan menggunakan smartphone sebanyak 4-8 jam setiap hari. Dari situ pihak mereka menemukan bahwa ada hubungan antara seberapa dekat anak-anak ini dari smartphone dengan wajah mereka.

Memang penelitian dengan hanya 12 anak tidak bisa dijadikan kesimpulan apakah itu ada di belahan dunia lain. Tapi, dokter yang melakukan studi tidak sendirian dalam keprihatinan mereka. Samsung baru saja merilis aplikasi yang akan memberi peringatan bagi anak jika wajah mereka terlalu dekat dengan smartphone dengan nama Safety Screen.

Untuk itu, perlu ada perhatian bagi orang tua dalam menjaga anak-anak mereka tidak terlalu lama bermain menggunakan smartphone. Selain tidak baik untuk kesehatan mereka, juga akan mengganggu pendidikan karena malas belajar dan juga kurang pergaulan dengan anak-anak lain.