Elon Musk Geser Posisi Bill Gates sebagai Orang Terkaya Kedua di Dunia setelah Jeff Bezos

Kekayaan bersih CEO Tesla sekarang mencapai $128 miliar

219
Elon Musk

Teknologi.info – Elon Musk telah melampaui pendiri Microsoft, Bill Gates, dengan menjadi orang terkaya kedua di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaan bersih CEO Tesla sekarang berada di sekitar $128 miliar, setelah meningkat sebesar $100 miliar tahun ini. Ada perbedaan jarak yang cukup besar antara Musk dan tempat nomor satu, yang saat ini dipegang oleh CEO Amazon Jeff Bezos yang dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar $182 miliar. Pada bulan Januari, Musk berada di peringkat ke-35 dalam daftar tersebut, Bloomberg melaporkan.

Kenaikan pesat Musk terutama didorong oleh harga saham Tesla. Perusahaan mobil saat ini memiliki nilai kapitalisasi hampir $500 miliar, setelah memulainya di awal tahun di bawah $100 miliar. The Guardian melaporkan bahwa Tesla memiliki kapitalisasi pasar tertinggi dari semua perusahaan mobil di dunia, meskipun memproduksi sebagian kecil daripada perusahaan mobil lain yang sudah lebih mapan terlebih dahulu. Tahun ini diharapkan dapat memproduksi 500.000 unit mobil. Coba bandingkan dengan Toyota yang mampu membuat 10 juta unit mobil. Sekitar tiga perempat dari kekayaan bersih Musk terdiri dari saham Tesla, menurut Bloomberg.

Usaha besar Musk lainnya, SpaceX, juga meraih kesuksesan baru-baru ini. Minggu lalu perusahaan tersebut mengangkut empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Ini melanjutkan penerbangan awak pertama perusahaan mereka ke luar angkasa pada Mei tahun ini.

Bill Gates duduk di atas Indeks Miliarder selama bertahun-tahun sampai dia diambil alih oleh Jeff Bezos pada tahun 2017. Bloomberg mencatat bahwa Gates mungkin akan memiliki kekayaan bersih yang lebih tinggi sekarang jika dia tidak memberikan begitu banyak uang untuk amal, termasuk lebih dari $27 miliar dia disumbangkan melalui Bill & Melinda Gates Foundation sejak 2006.

Gates dan Musk pernah berselisih paham tahun ini. Pada bulan September, Musk mengatakan Gates tidak memiliki arahan yang jelas tentang kelangsungan hidup truk listrik, setelah salah satu pendiri Microsoft mengatakan bahwa truk semi listrik, kapal kargo listrik dan pesawat penumpang mungkin tidak bisa digunakan secara praktis dalam prakteknya. Awal tahun ini Gates mengatakan kepada CNBC bahwa Musk harus menghindari membuat prediksi besar tentang area yang tidak dia kenal, setelah CEO Tesla meremehkan risiko pandemi sebelumnya.

Musk menyusul CEO Facebook Mark Zuckerberg pekan lalu ketika ia menjadi orang terkaya ketiga di Indeks Miliarder. Zuckerberg jatuh ke peringkat kelima setelah ia disusul oleh pengusaha Prancis Bernard Arnault.