28.6 C
Banjarmasin
Jumat, April 19, 2024

Sekarang, Asisten Google Bisa Digunakan untuk Menjadwalkan Smart Light

Fitur asisten pintar "scheduled actions"

Teknologi.info – Asisten Google sekarang memungkinkan pengguna menjadwalkan lampu dan perangkat lain untuk menyala dan mati pada waktu tertentu dengan fitur scheduled actions/tindakan terjadwal seperti yang terlihat pada dokumentasi pengembang Asisten Google.

Memang untuk menyalakan dan mematikannya serta menyetel alarm, Asisten Google saat ini sudah bisa bekerja dengan baik bersama lampu Phillips Hue dan “lampu pintar” lainnya. Nah, sekarang, Anda bahkan bisa memberi tahu Asisten Google dengan tepat kapan Anda ingin menyalakan lampu dan perangkat lain di smart home.

Anda harus benar-benar spesifik jika Anda ingin menjadwalkan lampu (atau perangkat lain) untuk menyalakan atau mematikannya. Kalau cuma mengatakan sesuatu seperti, “Hai Google, nyalakan lampu besok jam 19.00” saja ternyata tidak disarankan. Lebih baik mengatakan “Hai Google, nyalakan lampu hari Rabu jam 7 malam”.

Namun, seperti yang tercatat di dokumentasi milik Google Assistant, Anda dapat menentukan “matahari terbit” dan “matahari terbenam” sebagai waktu untuk menyetel lampu agar menyala atau mati. Sehingga Anda tidak perlu menyebutkan jam tepatnya. Anda juga dapat menggunakan Asisten Google untuk menjadwalkan berapa lama waktu agar lampu tetap menyala, seperti “nyalakan lampu selama 17 menit”.

Mohon diingat, fitur ini sepertinya masih dalam proses; mengingat beberapa laporan seperti di Reddit yang mengatakan perintah untuk membatalkan jadwal tidak bisa merespon/berfungsi. Meski demikian, berdasarkan dokumentasi smart home Asisten Google, sepertinya hanya masalah waktu saja fitur ini bisa digunakan sesuai fungsinya di kemudian hari.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?