Bahasa Inggris yang Mulai Ditinggalkan Internet

338
Bahasa Inggris dan Internet

Teknologi.info – Dahulu, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional terpenting yang wajib diketahui oleh semua orang. Bertolak dari sejarah expansi Inggris di berbagai Negara dengan menjajah mereka dan mengajarkan Bahasa Inggris menjadi Bahasa pendamping mereka membuat bahasa yang satu inimenjadi cukup awam digunakan oleh semua orang yang berlatar belakang bahasa berbeda beda di belahan dunia. Demikian juga dalam dunia internet. Bahasa Inggris memang menjadi bahasa universal di internet karena penggunaannya pada lebih dari sepuluh konten internet penting.

Namun pamor itu sebentar lagi akan menurun karena adanya sebuah penelitian yang menyatakan penggunaan Bahasa Inggris akan menurun di masa depan. Penelitian tersebut dilakukan oleh Alvaco Blanco dari sebuah lembaga nirlaba yang mengkaji tentang penggunaan teknologi di negra berkembang, Funredes. Ia menemukan bahwa adanya perubahan penggunaan Bahasa Inggris di konten internet awam ini. Ia juga mengatakan bahwa pada tahun 1996 ia akan dengan mudah menemukan 10 konten internet berbahasa inggris. Namun hal tersebut sangat berbeda dengan sekarang. Selang kurang dari satu dekade, penggunaan konten berbahasa inggris secara online di internet mengalami penurunan sekitar 45 persen dari semula.

Penggunaan Bahasa Inggris yang mulai ditinggalkan itu dilansir karena kurang beragamnya penggunaan bahasa pada internet. Hal serupa juga terjadi dengan penggunaan bahasa lain yang cukup polpuler seperti Spanyol dan Mandarin. Meskipun banyak yang menggunakan bahasa Mandarin, namun konten berbahasa Mandarin di dunia internet hanya mencapai 2,1 persen saja. Hal serupa juga dialami oleh bahasa Spanyol.

Untuk bahasa yang paling banyak digunakan nomor dua di dunia ini, konten internet yang menggunakan bahasa ini hanya mencapai angka 4,8 persen. Hal ini terjadi karena banyaknya aktivis yang menganggap bahwa ketenaran Bahasa Inggris mampu menenggelamkan bahasa daerah maupun bahasa nasionalmasing masing Negara yang merupakan kekayaan seni dunia. Banyak yang menafsirkan bahwa mesin penerjemah mungkin dapat menjadi solusi terbaik bagi permasalahan bahasa yang ada saat ini. Sehingga Bahasa Inggris tidak lagi dicap sebagai bahasa yang menjajah bahasa lain namum sebagai bahasa yang mempersatukan para pengguna internet di seluruh dunia.

Comments