28.6 C
Banjarmasin
Minggu, Desember 3, 2023

Colorful Rilis Motherboard Mini-ITX B760I untuk PC Desktop (dan Mini?)

COLORFUL meluncurkan Motherboard Mini-ITX CVN B760I FROZEN WIFI D5 untuk PC Desktop

Teknologi.info – Pabrikan perangkat keras komputer, Colorful Technology Company Limited, telah mengumumkan peluncuran motherboard mini-ITX CVN B760I FROZEN WIFI D5. Motherboard ini dirancang khusus untuk para penggemar PC berukuran kecil (Mini PC) yang ingin merakit sistem mini-ITX yang kompak, dilengkapi dengan prosesor Intel Core generasi ke-14 terbaru yang didukung oleh memori DDR5 yang lebih cepat.

Dilengkapi dengan desain yang lebih berani, motherboard ini menampilkan armor termal VRM dengan lapisan kaca frosted yang memberikan sentuhan estetis yang menarik. Dalam perbandingan dengan model sebelumnya, CVN B760 FROZEN WIFI, motherboard ini juga menampilkan logo CVN yang ditempa secara presisi, memberikan kesan yang lebih kuat. Selain itu, motherboard ini dilengkapi dengan elemen holografik yang dapat mengubah warna tergantung pada sudut pandang pengamat. Di bagian belakang armor termal VRM, terdapat kipas PWM 30mm yang berkinerja tinggi untuk membantu menghilangkan panas berlebih, sehingga memungkinkan motherboard untuk mencapai performa maksimal dengan prosesor Intel Core i7 dan i9 generasi ke-14 terbaru.

Baca juga: Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Fitur Utama

Berikut adalah beberapa fitur kunci dari motherboard ini:

  • Mendukung Berbagai Generasi Prosesor Intel: Motherboard ini dirancang untuk mendukung prosesor Intel Core generasi ke-14, ke-13, dan ke-12. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih dan menggantinya sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Memori DDR5 Cepat: Dengan kemampuan mendukung memori DDR5 hingga kapasitas 96GB, motherboard ini memungkinkan sistem untuk menjalankan aplikasi dan game dengan kecepatan yang tinggi. Kecepatan DDR5-8000 (OC) memberikan kinerja yang optimal.
  • Desain Mini-ITX yang Kompak: Motherboard Mini-ITX memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan motherboard tradisional, sehingga sangat cocok untuk PC Desktop dengan ruang terbatas atau yang memerlukan portabilitas.
  • Slot PCIe dan M.2 Cepat: Dengan slot PCIe 5.0 X16 dan dua slot M.2 PCIe 4.0 berkecepatan tinggi, motherboard ini mendukung kartu grafis dan penyimpanan yang cepat, cocok untuk tugas berat seperti game dan konten kreatif.
  • Koneksi Nirkabel Canggih: Motherboard ini dilengkapi dengan Wi-Fi 6 dan Bluetooth, serta LAN Realtek 2.5 Gigabit. Ini memastikan konektivitas nirkabel yang stabil dan kecepatan tinggi, yang sangat berguna bagi mereka yang mengandalkan konektivitas online.

Spesifikasi

Spesifikasi lengkap motherboard ini meliputi:

CPUIntelĀ® 14th / 13th /12th Generation Core™ Processors
ChipsetIntel B760
Power Supply Phase7+1+1 Power Phase (Dr MOS 90A)
Memory2x DDR5 DIMM Socket Dual-Channel*, Support XMP
*Single memory supports up to 48GB capacity, total memory capacity supports up to 96GB
DDR5-7600(OC)/ 7400(OC)/ 7200(OC)/ 7000(OC)/ 6800(OC)/ 6600(OC)/ 6400(OC)/ 6200(OC)/ 6000(OC)/ 5800(OC)/ 5600(OC)/ 5400(OC)/ 5200(OC)/ 5000(OC)/ 4800MHz MHz Memory Support
Expansion Slot1xPCIe 5.0 x16
StorageSupport 4x SATA 6Gb/s
Support 2x PCIe 4.0 x4 M.2 SSD*
*2xM.2 SSD not support SATA
Internal Connectors1x 24-pin ITX Power connector
1x 8-pin CPU Power connector
2x Front USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x Front USB 3.2 Gen 1Type-C
2x Front USB 2.0
I/O Ports4x USB2.0;
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A;
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C;
1x HDMI port;
1x DP port;
LANRealtek 2.5G + Wi-Fi 6, Support Bluetooth
Audio5.1-Channel High-Definition audio CODEC
Dimensions170mm x 170mm ITX

Motherboard ini memiliki dimensi mini-ITX dengan ukuran 170mm x 170mm. Dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, motherboard ini menjadi pilihan menarik bagi penggemar PC yang menginginkan performa tinggi dalam paket mini-ITX yang kompak.

Untuk Siapa?

  1. Penggemar Game: Para gamer yang mencari motherboard kualitas tinggi untuk membangun PC gaming yang kuat dan cepat akan mendapatkan manfaat dari motherboard ini.
    Baca juga: PC Gaming Terbaik
  2. Pengguna Konten Kreatif: Bagi mereka yang bekerja dengan konten kreatif, seperti editing video atau rendering grafis, motherboard ini akan membantu meningkatkan produktivitas.
  3. Pengguna PC Kompak: Bagi pengguna yang menginginkan PC Desktop dengan ukuran kecil dan portabilitas, motherboard Mini-ITX ini adalah pilihan yang baik.
  4. Pembangun PC yang Fleksibel: Motherboard ini cocok untuk mereka yang ingin fleksibilitas dalam pemilihan prosesor dan memori, serta kecepatan konektivitas nirkabel yang tinggi.
  5. Pengguna yang Menghargai Performa: Siapa pun yang menginginkan kinerja tinggi dalam paket PC Desktop akan menghargai fitur-fitur yang ditawarkan oleh motherboard ini.

Apakah ini Mini PC?

Meskipun motherboard Mini-ITX CVN B760I FROZEN WIFI D5 memiliki faktor bentuk “Mini-ITX,” penting untuk memahami bahwa itu hanya sebagian dari komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah PC lengkap. Motherboard Mini-ITX adalah komponen sentral dalam pembuatan PC, tetapi untuk mendapatkan PC yang lengkap, Anda perlu menambahkan komponen lain seperti prosesor, memori, kartu grafis (jika dibutuhkan), penyimpanan, dan catu daya.

Sebuah “Mini PC” biasanya merujuk pada PC yang sudah lengkap dan terintegrasi dalam satu kotak kecil atau casing yang memiliki semua komponen yang diperlukan, termasuk motherboard, prosesor, memori, penyimpanan, dan kadang-kadang kartu grafis terintegrasi. Biasanya, Mini PC lebih sederhana dan kompak, sering digunakan untuk tugas-tugas ringan atau sebagai sistem yang hemat ruang.

Baca juga: Apa itu Mini PC?

Motherboard Mini-ITX seperti CVN B760I FROZEN WIFI D5 adalah salah satu komponen utama dalam pembuatan PC Desktop, dan sebagian besar digunakan dalam sistem-sistem yang dirakit secara kustom. Anda dapat menggunakan motherboard ini sebagai dasar untuk membangun PC Desktop dengan ukuran yang lebih kecil dan kompak, tetapi Anda masih perlu menambahkan komponen lain untuk membuatnya menjadi sebuah PC lengkap. Jadi, meskipun motherboard ini memiliki faktor bentuk Mini-ITX, itu bukanlah sebuah Mini PC dalam arti yang lebih tradisional. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa motherboard ini juga bisa dirakit untuk sebuah Mini PC.

Untuk ketersediaan dan harga motherboard CVN B760I FROZEN WIFI D5, produk ini akan tersedia pada mitra distributor resmi Colorful pada kuartal keempat tahun 2023.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?
error: