28.6 C
Banjarmasin
Jumat, April 26, 2024

6 Situs Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Memutuskan Kampus dan Jurusan Impianmu!

Kamu Ingin Pilih Kampus yang Tepat? Ini 6 Situs yang Wajib Kamu Cek Sebelum Memutuskan!

Teknologi.info – Memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya adalah sama pentingnya dengan memilih pasangan hidup. Hal ini dikarenakan kampus yang Anda pilih haruslah cocok dengan minat dan kemampuan Anda, serta mampu membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Untuk menghindari rasa menyesal dan salah jurusan di kemudian hari, sangat penting bagi Anda untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kampus dan jurusan yang Anda incar.

Salah satu cara untuk mengumpulkan informasi tersebut adalah dengan mengunjungi situs-situs cek kampus yang tersedia. Berikut ini adalah rekomendasi dari kami mengenai enam situs cek kampus dan jurusan dalam negeri yang wajib Anda kunjungi sebelum memutuskan kampus dan jurusan impian Anda:

BAN-PT

Situs resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini bisa diakses di banpt.or.id; merupakan sumber informasi yang sangat baik mengenai akreditasi jurusan di semua kampus di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. Anda dapat mengetahui kapan Surat Keputusan yang berisikan pengukuhan akreditasi sebuah jurusan keluar, serta tahun kapan akreditasi jurusan tersebut akan kedaluwarsa.

Rencanamu

Situs cek kampus yang bisa diakses di rencanamu.id ini memiliki fitur lengkap yang berkaitan dengan jurusan dan kampus. Anda dapat mencari sebuah program studi dan melihat kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut. Registrasi di situs ini juga memungkinkan Anda untuk melihat jurusan mana yang cocok dengan minat dan kemampuan Anda, serta daftar mata kuliah yang akan Anda pelajari selama perkuliahan. Anda juga dapat membandingkan dua kampus dalam hal akreditasi, jumlah dosen, prodi, dan biaya kuliah per semester.

Webometrics

Webometrics adalah metode yang digunakan untuk mengukur kualitas dan performa website, termasuk perguruan tinggi. Metode ini dikembangkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah laboratorium yang berada di bawah Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), yang merupakan institusi penelitian terbesar di Spanyol.

Webometrics mengukur kualitas website dengan menggunakan beberapa indikator, seperti visibilitas (jumlah backlink yang masuk ke website), popularitas (jumlah kunjungan ke website), dan aktivitas (jumlah halaman yang di-update). Indikator ini digunakan untuk menentukan peringkat website dalam skala global.

Webometrics juga digunakan untuk mengukur kualitas perguruan tinggi, dimana universitas yang memiliki website dengan performa yang baik diharapkan memiliki kualitas pendidikan yang baik juga. Webometrics juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Cek situsnya di www.webometrics.info/en/asia/indonesia

Top Universities

Di situs ini, Anda dapat melihat peringkat kampus terbaik di seluruh dunia beserta informasi yang detail mengenai kampus tersebut. Anda dapat menyaring peringkat kampus berdasarkan jurusan yang Anda minati, sehingga dapat memudahkan Anda dalam memilih kampus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk melihat peringkat kampus untuk jurusan undergraduate ataupun postgraduate sesuai dengan tingkat pendidikan yang Anda inginkan. Silakan ke www.topuniversities.com

4 International Colleges & Universities

4 International Colleges & Universities (4ICU) adalah sebuah situs web yang menyediakan peringkat kampus dan universitas di seluruh dunia. Situs ini mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti peringkat universitas dari lembaga riset independen, jumlah backlink dari mesin pencari, dan jumlah kunjungan ke website universitas. Situs ini menyediakan peringkat kampus dan universitas yang diurutkan berdasarkan data yang dikumpulkan, membuat mudah bagi pengguna untuk menemukan kampus dan universitas terbaik di berbagai negara. Situs ini juga menyediakan informasi lain seperti detail kampus, lokasi, dan kontak. Namun, perlu diingat bahwa peringkat yang ditampilkan di situs ini mungkin tidak sama dengan peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga riset atau institusi pendidikan lainnya. Alamatnya adalah www.4icu.org

Times Higher Education

Dari wawasan yang didukung data kuat dan dukungan konsultasi strategis hingga acara yang menentukan agenda dan solusi perekrutan, produk dan layanan THE memungkinkan setiap orang dalam pendidikan tinggi untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan terinformasi. Kunjungi webnya di www.timeshighereducation.com

3 situs terakhir bisa digunakan untuk mengecek universitas di luar negeri juga, loh. Khusus nomor 1 dan 2 itu untuk universitas di Indonesia. Nomor 3 adalah “hybrid”, bisa cek Indonesia, bisa untuk luar negeri juga.

Dengan mengunjungi situs-situs cek kampus di atas, Anda dapat memperoleh informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang tepat mengenai kampus dan jurusan yang akan Anda pilih. Namun, sebaiknya Anda juga melakukan riset tambahan seperti mencari di laman twitter, siapa tahu bertemu thread atau keluh-kesah mahasiswanya 😀 Jangan lupa jika memungkinkan, lakukan juga kunjungan ke kampus yang Anda incar sebelum memutuskan.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?