28.6 C
Banjarmasin
Sabtu, April 27, 2024

5 Cara untuk Menghapus Data Diri Anda dari Internet

Bisa dimulai dari platform media sosial seperti TikTok, Twitter, Facebook, dan Instagram

Teknologi.info – Siapa pun yang pernah menggunakan internet, bisa dipastikan memiliki informasi pribadi yang tersebar di mana-mana secara online. Anda bisa mencobanya dengan Googling nama Anda sendiri. Minimal akan muncul jejak diri Anda di media sosial, pembelian online, akun email, dan banyak lagi (termasuk data di kependudukan/pendidikan yang seharusnya dilindungi).

Menghapusnya memang bukan pekerjaan yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin minimal bisa menghapus sebagian besar jejak informasi pribadi Anda dari internet. Langkah penghapusan ini mungkin tidak disarankan secara umum. Tapi, jika ada yang ingin mengetahui “masa lalu” Anda, mungkin akan berharap menemukan “kisah” Anda secara online di Internet dengan melakukan pencarian. Atau merasa cukup “terganggu” dengan email dan sms spam setiap hari, 5 langkah di bawah ini mungkin bisa Anda coba.

Ok, sampai di sini berarti Anda memang berniat untuk menghapus data diri digital Anda di ranah maya. Berikut caranya:

Hapus diri Anda dari media sosial

Kehadiran media sosial Anda memiliki dampak terbesar pada jejak online Anda, jadi Anda harus mulai dari sini.

Penting untuk menghapus akun Anda, tidak cukup hanya dengan logout/keluar atau berhenti menggunakannya. Anda harus benar-benar menghapusnya. Pelajari platform media sosial yang Anda gunakan, biasanya mereka memiliki proses resmi untuk menutup/menghapus akun Anda.

Kunjungi setiap situs media sosial yang Anda gunakan – TikTok, IG, Facebook, LinkedIn, Twitter, Reddit, dan sebagainya, dan ikuti langkah proses penghapusannya.

Sebagian besar akan sepenuhnya menghapus konten Anda dalam waktu singkat, seperti 30 hari.

Jika Anda belum siap berkomitmen untuk menghapus semua media sosial Anda, Anda dapat menjadikan akun Anda berstatus private di TikTok, Twitter, Instagram, dan Facebook.

Hapus diri Anda dari Pencari Orang dan Situs Pengumpulan Data

Situs pengumpulan data (Data collection sites) – lebih sering disebut sebagai pencari orang (People Finder) – menjadikan bisnis mereka untuk menyimpan data dalam jumlah besar tentang semua orang, dan pencarian cepat mungkin menunjukkan bahwa situs seperti Spokeo, Whitepages, dan BeenVerified tahu siapa Anda (dan mungkin akan menjualnya informasi kepada siapa saja yang menginginkannya).

Itu hampir separuh masalahnya karena pengumpul data ini tidak hanya menjual data langsung secara online – model bisnis utama mereka adalah menjual data dalam jumlah besar ke organisasi besar.

Anda dapat menghapus diri Anda sendiri secara manual dari situs-situs ini satu per satu (banyak yang memiliki laman penyisihan) tetapi ini merupakan tugas yang sangat berat. Anda dapat menyewa layanan online seperti Delete Me atau Privacy Duck untuk melakukannya untuk Anda. Perlu diingat, ini tidak murah. (Delete Me berharga US $129 per tahun, sedangkan Privacy Duck mulai dari US $500 per tahun.)

Dan Anda pasti menginginkan langganan berkelanjutan karena menghapus konten Anda dari situs pengumpulan data seringkali hanya sementara, dan Anda dapat menemukan diri Anda muncul kembali di database mereka beberapa bulan kemudian.

Hapus Akun Belanja Online Anda

Marketplace online juga menyimpan sejumlah besar data tentang pelanggan mereka. Setiap situs web tempat Anda melakukan pembelian menyimpan beberapa catatan dan profil Anda, jadi Anda harus mengunjungi setiap situs, seperti Amazon, eBay, Asos, Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan di mana pun Anda membuat akun dan melakukan penghapusan akun.

Banyak marketplace tidak menyertakan tautan di mana pun di situs mereka untuk menghapus akun Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, hubungi layanan pelanggan dan minta akun Anda dinonaktifkan dan dihapus.

Hapus Postingan, Komentar, dan Forum Diskusi Lama

Jika Anda sudah sampai sejauh ini, kehadiran online Anda sekarang mungkin cukup tipis. Namun, jangan lupa tentang keberadaan apa pun yang Anda tinggalkan di situs web dalam bentuk komentar, diskusi, dan postingan forum.

Ini akan menjadi yang paling sulit untuk dihapus, meskipun – tidak ada cara standar untuk menghapus komentar dari forum atau di bagian bawah artikel mana pun, jadi satu-satunya pilihan Anda yang layak adalah menghubungi pemilik situs web atau pengelola situs dan meminta konten Anda dihapus.

Nonaktifkan akun email Anda

Simpan yang ini untuk yang terakhir, karena Anda mungkin memerlukan email untuk tetap berhubungan dengan situs web yang Anda coba hapus. Tetapi jika Anda benar-benar ingin menghapus keberadaan online Anda, Anda harus menonaktifkan dan menghapus akun email Anda juga.

Di sinilah menghapus diri Anda dari internet mungkin sangat tidak praktis – hampir semua orang membutuhkan akun email untuk ada di abad ke-21.

Tetapi Anda dapat menghapus semua kecuali satu akun, mungkin, dan menjadikannya satu-satunya koneksi Anda ke internet. Apalagi jika Anda pengguna Android, mutlak menggunakan minimal 1 akun gmail agar ponsel pintar Anda bisa berfungsi.


Pada akhirnya, menghapus keberadaan kita di internet ini memiliki konsekuensi yang berat di masa serba digital saat ini. Tapi, mungkin informasi ini berguna bagi Anda yang sudah “lelah” dengan hiruk-pikuk dunia Internet. Apa pun itu, good luck!

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?