5 Cara Ini Bisa Membuat Laptop Anda Kembali seperti Baru

219
ASUS ZenBook 13 UX331UAL Laptop ASUS Indonesia

Teknologi.info – Laptop kini hadir dengan spesifikasi yang sangat canggih. Laptop masa kini dirancang sedemikian rupa agar memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Laptop Asus Zenbook merupakan salah satu inovasi laptop Asus dengan desain yang elegan dan spesifikasi yang mumpuni. Laptop Asus Zenbook merupakan salah satu seri laptop Asus yang banyak dicari saat ini. Selain karena desainnya yang keren, harga Asus Zenbook ini juga terbilang cukup terjangkau.

Umumnya, masyarakat sekarang ini lebih banyak menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer, sehingga laptop sangat berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Laptop hampir digunakan setiap saat untuk membantu mempermudah pekerjaan Anda, seperti membuat laporan tugas, membuat desain gambar, membuat presentasi, dan masih banyak lagi.

Laptop yang Anda miliki tentu akan berkurang performanya seiring dengan intensitas penggunaannya. Selain performanya, desainnya pun tidak akan sebagus dulu, seperti warna yang pudar, layar yang banyak goresan, tulisan keyboard yang mulai pudar, dan masih banyak lagi. Hal tersebut pastinya akan membuat laptop Anda terkesan jadul. Jika Anda berniat mengganti laptop Anda, maka Anda bisa mengecek spesifikasi sekaligus harga Asus Zenbook terbaru.

Namun apabila Anda belum berencana untuk membeli laptop baru, maka untuk mengatasi hal ini, tentu saja diperlukan perawatan pada laptop Anda. Jika Anda malas merawat laptop baik luar maupun dalamnya, maka laptop cenderung akan cepat rusak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena banyak cara agar laptop Anda kembali menjadi seperti baru, berikut adalah ulasannya.

  1. Mengelap laptop

Karena Anda sering membawa laptop kemana-mana, Anda harus sesekali membersihkan laptop dari debu. Caranya yaitu siapkan lap kacamata dan alkohol berkadar rendah, lalu usapkan ke seluruh permukaan laptop. Disarankan untuk tidak menggunakan bahan yang kasar seperti tisu atau kain lainnya agar permukaan laptop tidak tergores. Alkohol berfungsi untuk memudahkan pembersihan laptop karena alkohol mampu membersihkan kotoran pada laptop.

  1. Membersihkan Hardware

Langkah yang kedua yaitu membersihkan bagian hardware laptop Anda. Hal ini penting dilakukan karena bisa jadi lapisan debu sudah bertahun-tahun menempel disana dan tidak dibersihkan, sehingga cenderung akan merusak laptop Anda. Anda bisa menggunakan USB Vacuum Cleaner yang bisa dinyalakan melalui adaptor smartphone.

  1. Pasangkan casing pada laptop

Jika cover laptop Anda sudah melepuh atau warnanya sudah pudar, maka Anda bisa menggunakan cover atau casing pada laptop Anda. Hal ini tentunya akan mempercantik tampilan laptop Anda menjadi seperti baru. Anda bisa menggunakan casing yang bening maupun casing motif sesuai dengan selera. Dengan begitu, laptop Anda pun tampil cantik seperti dulu.

  1. Merapikan file storage pada laptop

Jika memori pada laptop Asus Anda terlalu penuh, maka saatnya untuk Anda merapikan file storage yang ada pada laptop. Anda bisa menghapus file yang tidak terpakai, ataupun merapikan kembali dokumen-dokumen dan file penting. Caranya yaitu bisa dengan memindahkan file-file tersebut ke external hardisk maupun mengkompresnya ke dalam bentuk WinRAR.

  1. Upgrade RAM

Jika laptop Anda memiliki performa yang lambat, maka Anda bisa mengganti RAMnya dengan RAM yang lebih tinggi, misalnya ukuran 4GB, 6GB, dan lain-lain. Dengan kapasitas yang cukup tinggi, maka Anda pun bisa melakukan multitasking dengan nyaman pada laptop Anda. Performa yang akan didapatkan akan serupa dengan laptop Asus Zenbook Pro 15 UX331UN yang memiliki RAM 8 GB, namun tentunya harga Asus Zenbook itu pun dipatok lumayan tinggi.

Demikianlah beberapa cara agar laptop Anda terlihat seperti baru. Namun jika performa laptop Anda sudah tidak mumpuni, maka tidak ada pilihan lain selain harus membeli laptop baru. Lagi pula kini Anda bisa dengan mudah berbelanja, sudah ada Bukalapak yang bisa diandalkan. Harga Asus Zenbook terbaru juga bisa Anda cek di Bukalapak.com. Hal ini jelas memudahkan Anda yang ingin beli laptop baru dengan dana yang telah disiapkan sebelumnya.