Tokoh Penting di Intel , Andrew S. Grove Meninggal Dunia

1173
Andrew S Grove, CEO Intel
Andrew S Grove, CEO Intel telah meninggal dunia

Teknologi.info – Intel melalui websitenya merilis berita bahwa pada hari Senin, 21 Maret 2016 mengumumkan CEO dan Chairman perusahaan mereka Andrew Stephen Grove meninggal dunia di umur 79 tahun. Dalam rilis tidak disebutkan penyebab meninggalnya, diketahui sejak tahun 2000 Andrew S. Grove didiagnosa mengidap penyakit Parkinson.

Andy (nama panggilan) lahir pada 2 September 1936 di Budapest, Hungaria. Saat lahir namanya adalah András István Gróf. Andy mempunyai istri bernama Eva Kastan yang dinikahi tahun 1958, dengan 2 anak perempuan dan 8 cucu. Merupakan lulusan City College of New York dan University of California dengan jurusan Chemical Engineering alias Teknik Kimia.

Setelah lulus dari kuliahnya, dia bekerja di Fairchild Semiconductor sebagai peneliti dan naik jabatan menjadi asisten kepada R & D di bawah Gordon Moore. Pada tahun 1968, ketika Robert Noyce dan Gordon Moore membangun Intel, mereka membawa Andrew Groove untuk bekerja di Intel. Saat itulah dia disebut karyawan pertama Intel, tapi versi Wikipedia menyebut dia adalah karyawan ketiga.

Saat Grove di Intel inilah dia mengubah arah perusahaan dari produksi memori ke processor sehingga yang kita kenal sekarang. Intel dibawanya memproduksi processor yang dikenal dengan 386 dan Pentium sehingga membawa ke era teknologi PC (Personal Computer). Dari situ Intel mendapatkan pendapatan tahun dari $1,9 miliar menjadi lebih dari $26 miliar.

Andrew Grove menjabat sebagai Presiden di Intel pada tahun 1979, menjadi CEO pada tahun 1987, menjabat dua jabatan sekaligus yaitu Chairman dan CEO pada tahun 1997. Serta melepas jabatan CEO pada Mei 1998 hingga tetap menjadi Ketua Dewan sampai November 2004.

Intel melalui akun Twitternya baik berbahasa Inggris dan Indonesia menyatakan “Turut berduka atas meninggalnya Andy Grove. Beliau selalu membuat hal mustahil menjadi mungkin.” Tweet tersebut disertai foto Andrew Grove.

Chairman Intel, Andy Bryant memberikan kesannya terhadap sosok Andrew Grove. “Andy mempunyai strategi kepemimpinan perusahaan yang memberikan pengaruh terhadap semua pemikir dan perusahaan di dunia. Dia menggabungkan pendekatan analisis seorang ilmuwan dan kemampuan bekerjasama dengan orang lain sangat dalam. Sehingga apa yang diraih Intel sekarang terlihat dari munculnya PC, internet dan Silicon Valley.”

Banyak penghargaan yang didapatkan Andrew Grove selama hidupnya seperti Chief Executives`s  CEO of the Year, “1997” Technology Leader of the Year dari IndustryWeek.com, Medal of Achievement dari American Electronics Association hingga Man of the Year dari Time Magazine.

Andrew Grove juga penulis buku dengan judul Physics and Tehcnology of Semiconductor Device, One on One With Andy Grove, High Output Management, Only the Paranoid Survive, Swimming Across: A Memoir. Serta menulis bersama dengan penulis lainnya seperti Strategi is Destiny: How Strategy-Making Shapes a Company`s Future dan Strategy Dynamics: Concepts and Cases.

Buku yang berjudul Physics and Tehcnology of Semiconductor Device menjadi pegangan di berbagai universitas. Sedangan buku High Output Management telah diterjemahkan ke 11 bahasa. Andy juga aktif menulis lebih dari 40 makalah teknis dan memegang beberapa paten di bidang semiconductor.

Di masa pensiun, Andy aktif dalam advokasi filantropi dan publik untuk isu-isu yang berkaitan dirinya. Seperti menyembuhan kanker prostat dengan pengobatan konvensional, memberi kontribusi untuk penelitian penyakit Parkinson,  dan menyediakan dana ke City College of New York untuk mendirikan Grove School of Engineering.

Advertisements