Twitter dan Facebook akan Mentransfer Akun Kepresidenan ke Joe Biden pada Hari Pelantikan

58
facebook twitter POTUS
Bahkan jika Trump tidak menyerah

Teknologi.info – Menurut Politico, Twitter akan mentransfer akun @POTUS kepada Presiden terpilih Joe Biden ketika dia dilantik pada Hari Pelantikan. Twitter tetap akan mentransfer akun tersebut ke Biden meskipun Presiden Donald Trump belum “menyerahkannya”.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, juru bicara Twitter mengungkapkan:

“Twitter secara aktif bersiap untuk mendukung transisi akun Twitter kelembagaan Gedung Putih pada 20 Januari 2021. Seperti yang kami lakukan untuk transisi presiden pada tahun 2017, proses ini selalu berkonsultasi dengan Administrasi Arsip dan Arsip Nasional.”

Akun kepresidenan lainnya, termasuk @whitehouse, @VP, dan @FLOTUS, juga akan dipindahkan, lapor Politico. Konten yang ada di semua akun akan diarsipkan sebelum transfer (seperti arsip milik Barack Obama di @POTUS44), dan akun akan direset ulang sehingga menunjukkan jumlah tweet nol.

Setelah pelantikan Biden, Trump akan terus mengontrol akun pribadinya di @realDonaldTrump, tetapi akun tersebut akan kehilangan perlindungan khusus yang didapatnya karena status Trump sebagai pemimpin dunia – yang berarti dia akan tunduk pada aturan yang sama dengan mayoritas pengguna di ranah twit.

Pada hari Sabtu, Facebook (berarti juga akun Instagram karena sama-sama di bawah Facebook) juga mengatakan kepada Reuters bahwa mereka juga akan mentransfer akun POTUS resmi di platformnya sesuai administrasi yang masuk.

“Pada 2017, kami bekerjasama dengan Pemerintahan Obama dan Pemerintahan Trump untuk memastikan transisi akun Facebook dan Instagram mereka pada 20 Januari, dan kami berharap juga melakukan hal yang sama di sini kali ini (pada Pemerintahan Biden).”