Browser Microsoft Edge Paling Hemat Baterai; Chrome Paling Boros

Share:

Teknologi.info – Tahukah Anda jika peramban atau browser yang kita gunakan untuk mengakses internet ternyata cukup berpengaruh terhadap hemat atau borosnya penggunaan baterai pada laptop atau gadget? Setidaknya hal inilah yang coba disampaikan oleh Microsoft Senin kemarin (20/06/2016) melalui video di channel Youtube “Microsoft Edge”.

Pada video tersebut, Microsoft menguji 4 buah browser yang masing-masing terpasang pada Surface Book (laptop/notebook dari Microsoft), mulai dari Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Google Chrome hingga Opera Browser. Hasilnya? Dari keempat browser tersebut, Microsoft Edge-lah yang paling irit dalam menggunakan daya baterai.

Metode pengujian yang dilakukan Microsoft adalah dengan cara memutar video secara streaming melalui internet dengan kualitas High Definition (HD) pada masing-masing perangkat browser untuk kemudian dilihat, laptop mana yang duluan kehabisan baterai. Tentu saja, keempat SurfaceBook tersebut telah dicharge penuh terlebih dahulu. Sembari menunggu laptop dengan browser mana yang duluan kehabisan daya, Microsot juga menghitung waktu agar terlihat browser mana yang paling hemat dan mana yang paling “rakus” baterai.

Hasil yang didapat dalam video promosi tersebut adalah: (diurutkan dari yang paling cepat habis baterainya/boros)

  1. Google Chrome dengan waktu bertahan 4 jam 19 menit 50 detik.
  2. Mozilla Firefox dengan torehan waktu 5 jam 9 menit 30 detik
  3. Opera dengan catatan waktu 6 jam 18 menit 33 detik
  4. Microsoft Edge meraih predikat terhemat dengan waktu bertahan baterai selama 7 jam 22 menit 7 detik.

Pengujian ini bisa memberikan kesimpulan sederhana bahwa, jika ingin aktivitas browsing yang lebih awet, gunakan browser atau peramban Microsoft Edge.

Browser buatan Google; Chrome memang sudah memiliki rumor akan keborosannya terhadap baterai. Meski Google sudah berusaha memperbaiki kondisi ini, sepertinya belum menunjukkan hasil yang signifikan.

Tes konsumsi daya baterai ini bisa Anda lihat di video berikut ini:

Bagaimana dengan browser Safari milik Apple?

Browser Microsoft Edge Paling Hemat Baterai; Chrome Paling Boros | Jimmy Ahyari | 4.5

Kirim Komentar