Hadir Dalam Bentuk Mobile Apps, LAPOR! Mudahkan Pengaduan Masyarakat

869
LAPOR!, Android, Play Store
Aplikasi LAPOR! di Android Play Store

Teknologi.info – Untuk menampung semua aspirasi dan pengaduan dari masyarakat ke pemerintah maka dibuatlah sistem yang dinamakan LAPOR! (singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Sistem ini dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) yang bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

LAPOR! dibuat dengan mudah untuk diakses dan terpadu untuk pelaporan terhadap kinerja pelayanan dari 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah dan 44 BUMN di Indonesia. Total ada 800 unit kerja dalam kesatuan sistem. Awalnya pelaporan ini dilakukan melalui website yang disediakan di www.lapor.go.id. Tapi sekarang, LAPOR! dapat digunakan di smartphone.

Aplikasi mobile untuk LAPOR! yang tersedia di Android dan BlackBerry, iOS dalam tahap pengembangan. Ketersediaan aplikasi tersebut sekaligus dengan penandatangan perjanjian tentang pemanfaatan sistem LAPOR! sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) oleh KSP, Kementerian PAN-RB dan Ombudsman Republik Indonesia.

Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki mengatakan bahwa sistem LAPOR! telah berjalan namun perlu dioptimalkan sehingga dilibatkan KemenPAN-RB dan Ombudsman. Aplikasi ini kedepannya semua instansi pemerintah pusat dan daerah akan tergabung dalam satu sistem sehingga terwujudnya SP4N yang efektif.

Selain pelaporan melalui aplikasi di smartphone, LAPOR! dapat menerima dari SMS yang dikirim masyarakat ke nomor 1708. Pengaduan juga bisa dilakukan di website dengan membuat akun, sedangkan social media yang disediakan ada di Facebook: LAPOR – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, Twitter: @LAPOR1709, dan Instagram: @lapor1708

Comments