SPOTS: Perangkat Kasir, EDC dan Printer Resi dalam Satu Alat

177
spots point of sale system featured
Teknologi.info - Alat kasir, printer resi dan EDC (terima pembayaran kartu debit) dalam satu perangkat. Powered by GoJek

Dalam suatu usaha apapun, sebuah transaksi bisa dinyatakan selesai jika sudah terjadi penjualan (sales) dan uang pembayaran telah diterima. Di “titik” inilah muncul istilah Point of Sale (POS). Semakin ke sini, Point of Sale tadi juga memiliki arti tempat kasir. Hal ini karena di kasir lah pelaku bisnis memperoleh uang (cash register). Sehingga, jika ada istilah sistem Point of Sale, maka akan merujuk ke mesin kasir yang tidak hanya bisa melakukan pencatatan transaksi, namun juga bisa menjadi sebuah pembukuan yang terhubung ke internet (Cloud Based POS System).

Dengan semakin pesatnya perkembangan software dan aplikasi (app), ada sistem Point of Sale yang boleh dibilang sebagai All in One Device, yaitu SPOTS. Bentuknya yang seukuran EDC normal, orang tidak akan menyangka bahwa alat ini juga bisa berfungsi sebagai perangkat kasir, printer resi dan EDC (Electronic Data Capture) sekaligus.

Pos System Restoran
Salah Satu Restoran yang menggunakan SPOTS

Jadi, jika Anda mencari Point of Sale Cafe, POS System Restoran, POS System Coffee Shop ATAU pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ingin menggunakan mesin kasir yang canggih agar pembukuan lebih terkontrol bisa memilih perangkat SPOTS. Pelaku bisnis akan mendapat berbagai kemudahan seperti:

  • Menerima pesanan Go-Food dengan cepat
  • Mencetak tanda terima atau receipt (orang Indonesia sering menyebutnya “resi” saja).
  • Membuat perhitungan total penjualan harian tanpa menghitung secara manual dan lain-lain.

Kemudahan di atas sesuai dengan misi SPOTS yang menginginkan para pelaku usaha semakin nyaman dan mudah dalam menjalankan bisnisnya.

Jika Anda penasaran mengapa pesanan Go-Food bisa dengan instan melalui SPOTS ini, jawabannya adalah karena SPOTS merupakan anak perusahaan GOJEK, sehingga produk yang ada di GOJEK juga bisa saling bersinergi dengan SPOTS, termasuk menerima pembayaran melalui saldo GoPay.

Jadi, tidak melulu usaha kuliner atau Point of Sale Cafe saja misalnya. Anda yang memiliki usaha potong rambut hingga loundry pun bisa menggunakan SPOTS.

Asyiknya lagi, karena juga sebagai EDC, Anda otomatis juga bisa menerima pembayaran dengan kartu debit apapun yang diterbitkan di Indonesia.

Dengan pencatatan yang baik dengan perangkat Point of Sale, pelaku usaha pada akhirnya bisa melakukan analisa untuk perkembangan usahanya. Contohnya saja, dengan SPOTS Anda bisa melihat hari atau jam berapa saja yang ramai dikunjungi. Sungguh sangat membantu, bukan? Terlebih bagi yang sedang mengembangkan POS System Restoran atau POS System Coffee Shop, pasti akan sangat terbantu.

spots point of sale barcode

Sedikitnya sudah 50.000 outlet yang menggunakan SPOTS di 50 kota di Indonesia serta terus bertambah.

Apa Kata Mereka yang Sudah Menggunakan SPOTS untuk Usahanya?

Kami mencoba menelusuri instagram resmi SPOTS dan menemukan sebuah highlight dengan judul “Testimonial”. Cukup banyak post yang mereka arsipkan terkait kepuasan para pengguna akan SPOTS. Contohnya, Merlyn dengan produknya yang bernama “Ini Salad”.

Dia mengatakan dalam tulisannya bahwa Ini Salad sangat terbantu dengan adanya mesin kasir SPOTS seperti pencatatan transaksi penjualan dan laporannya yang dikirim di email setiap hari.

“Yang paling oke sudah terintegrasi dengan pesanan GoFood. Sangat mudah dan simple”, tambahnya.

Apakah Ada Biaya untuk SPOTS?

Pos system coffee shop

Biaya untuk perangkat All in One milik SPOTS ini cukup terjangkau, yakni Rp. 4.900/hari. Benar, Anda tidak salah baca. Tidak sampai 5.000 Rupiah biaya per harinya. Dan, biaya pendaftaran awal hanya sebesar Rp. 490.000. Dengan biaya seperti ini, rasanya cukup worth it untuk sebuah perangkat mesin kasir yang memiliki beragam fungsi termasuk fitur Cloud Based POS System nya.

Mencoba Berbelanja via SPOTS

Jika di awal tadi kami membahas tentang berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha dengan menerapkan SPOTS, sekarang saatnya kami mencoba posisi sebagai pembeli yang ingin membayar atau bertransaksi melalui SPOTS.

Kami mendatangi salah satu outlet minuman di Banjarmasin, begitu ada device SPOTS terlihat di meja, tanpa berpikir lama, kami langsung menghampiri.

spots digunakan di salah satu toko di Banjarmasin
SPOTS di Coffee Shop: SPOTS digunakan di salah satu outlet di Banjarmasin

Kami memesan menu yang tersedia, kemudian saat akan membayar di sini kami terkejut. Kami mengira SPOTS ini hanya bisa cashless, ternyata tetap bisa menggunakan uang tunai. Jadi, selain bisa dengan GoPay dan kartu debit (kartu kredit sebentar lagi sudah bisa juga); uang cash pun tetap dilayani. Apalagi jika Anda adalah tipe pembeli yang terbiasa membawa uang tunai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tentu akan sangat terbantu dengan adanya SPOTS ini.

So, sebagai kostumer pun kami turut merasakan kemudahan yang ditawarkan oleh SPOTS ini. Bagaimana dengan Anda? Anda pernah memiliki pengalaman dengan SPOTS? Mari berbagi di kolom komentar.

SHARE
Previous articleLive Streaming MPL Season 5 Indonesia
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.