Wow! Seagate Tawarkan Hard Disk Drive Berkapasitas 10 TB (Terabyte)!

429
seagate barracuda pro 10tb
HDD Seagate BarraCuda Pro 10TB

Teknologi.info – Seagate merilis HDD (Hard Disk Drive) dengan kemampuan penyimpanan 10 TeraByte (TB) berhelium untuk segmentasi enterprise. Harddisk 3,5″ bergaransi 5 tahun tersebut memiliki 2 versi, yaitu SATA (6 GB/detik) dan SAS (12 GB/detik).

HDD helium dari Seagate ini sudah pernah ditawarkan pada tahun 2013 dengan nama Barracuda. Versi yang sekarang, meski namanya sama, akan tetapi huruf C menjadi huruf besar (kapital) dengan tambahan Pro di belakangnya.

Selain kapasitas 10 TB, BarraCuda Pro juga menyediakan varian kapasitas lain mulai dari 6 TB (cache 128 MB), 8 TB dan 10 TB (cahce 256MB). Harddisk ini bertujuan untuk penyimpanan dengan kategori pemakaian komputasi sehari-hari. Seagate mengklaim HDD ini mampu menampung beban kerja 300 TB per tahun non stop selama 24 jam.

Selain BarraCuda, juga tersedia tipe FireCuda yang tergolong kedalam SSHD alias Solid State Hard Drive. Kapasitas yang ditawarkan mulai dari 2 TB hingga 8 TB (cache flash 64 MB NAND). FireCuda diklaim bisa mencapai beban bekerja hingga 55 TB per tahun dengan pemakaian yang direkomendasikan 8 jam/hari selama 5 hari dalam sepekan.

Baik BarraCuda Pro maupun FireCuda, masing-masing memiliki masa garansi selama 5 tahun. Di Amerika Serikat, Seagate BarraCuda Pro berkapasitas 10 TB dihargai sekitar 534 US Dolar dan Fire Cuda 2 TB seharga 110 US Dolar. Harga HDD seagate ini di Indonesia? Sebagai gambaran, kapasitas 6 TB dibanderol hampir 6 juta. Bagaimana dengan 10 TB? Anda bisa memperkirakannya sendiri jika suatu saat versi 10 TB sudah hadir di Indonesia.