Twitter Ulang Tahun Ke-10, Ucapkan Terima Kasih buat Pengguna Indonesia

956
Rilis Resmi Twitter Ulang Tahun ke-10 di Blog

Teknologi.info – Hari ini tanggal 21 Maret merupakan hari bersejarah bagi Twitter. Karena pada hari inilah Twitter lahir yang sekarang dikenal sebagai situs social media dengan update status alias tweet hanya 140 karakter. Dan ditahun 2016 ini tepat 10 tahun Twitter merayakan hari ulang tahun mereka.

Twitter diluncurkan pada 21 Maret 2006 ditandai dengan tweet pertama dari Founder dan CEO, Jack Dorsey. Selain Jack, pendiri Twitter adalah Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass. Twitter sekarang tidak hanya men-tweet kata-kata melainkan bisa foto, link, hingga video.

Melalui blog resminya baik yang  berbahasa Inggris maupun Indonesia dengan judul “Terima Kasih! Love, Twitter“. Twitter memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua penggunanya di dunia dari setiap kantor cabangnya di berbagai negara hingga kantor pusatnya di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Untuk di Indonesia, Twitter merangkum peristiwa-peristiwa yang membuat gempar dunia Twitter di Indonesia hingga sampai kedunia. Ada 10 peristiwa yang dimana Twitter dijadikan alat untuk menyampaikan kejadian tersebut hingga ditanggapi pengguna lainnya.

  • #KoinUntukPrita. Sekitar Desember 2009, heboh kasus dimana Prita Mulyasari yang harus membayar Rp 204 juta untuk rumah sakit, lewat aksi di social media termasuk Twitter dengan hashtag #KoinUntukPrita menghasilkan Rp 650 juta lebih.
  • @JalinMerapi. Sekitar Oktober 2010 saat Gunung Merapi meletus, akun @JalinMerapi merupakan penyalur informasi tentang bencana gunung meletus. Selain itu juga memberikan informasi tentang bagaimana yang mau berdonasi bagi masyarakat yang membutuhkan.
  • #DemiMetallica. Sekitar Juli 2013, ketika grup music metal Metallica ke Indonesia pada Agustus 2013. Diadakan gerakan #DemiMetallica yang dimana menjual-beli barang pribadi untuk membeli tiket konser Metallica. Gerakan ini sampai dibuat akun Twitter-nya @DemiMetallica.
  • #SelamatDatangLFC. Sekitar Juli 2013, saat itu klub sepakbola dari Inggris, Liverpool datang ke Indonesia. Hal itu membuat ribuan penggemarnya menyambut mulai dari kedatangan, rangkaian acara hingga pertandingan. Tidak lupa dunia maya terutama Twitter ramai dengan hashtag #SelamatDatangLFC.
  • Kemenangan @jokowi di Pemilu. Tahun 2014 merupakan tahun yang ramai di social media termasuk Twitter. Dimana ada 95 juta tweet terkait dengan Pemilu 2014. Mulai dari awal tahun 2014 ketika Pileg berlangsung hingga Pilpres yang dimana pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2014-2019. Twitter menjadi salah satu alat untuk kampanye mendukung calon Presiden-Wakil Presiden. Twitter mencatatkan topik kemenangan Joko Widodo menjadi topik utama terkait Pemilu terbanyak di Twitter dengan jumlah 22 dari total Tweet yang ada.
  • #SaveKPK. Sekitar Januari 2015, berita penangkapan Bambang Widjajanto sebagai Wakil Ketua KPK membuat masyarakat Indonesia bersatu menuntut pembebasannya. Twitter menjadi alat untuk melakukan gerakan tersebut dengan hashtag #SaveKPK yang menjadi trending topic #1 di Indonesia dan dunia saat itu.
  • #RIPOlgaSyahputra. Tanggal 27 Maret 2015 meninggalnya aktor dan komedian ternama di Indonesia, Olga Syahputra membuat duka bagi para teman-teman dan penggemarnya. Banyak yang menyampaikan simpati dan duka mendalam serta berbagi kenangan tentang kebaikannya melalui social media terutama Twitter dengan hashtag #RIPOlgaSyahputra.
  • #PollStory. Desember 2015 Twitter melalui Twitter Poll bekerjasama dengan penulis populer Ika Natassa (@ikanatassa) mengajak para pembacanya untuk menentukan alur dari kisah terbarunya yaitu The Architecture of Love. Setelah terkumpul, nantinya akan dicetak menjadi buku yang merupakan buku pertama di dunia yang diterbitkan dengan bantuan Twitter Poll.
  • #KamiTidakTakut. Januari 2016 merupakan saat dimana kota Jakarta mengalami serangan teroris di sekitaran Hotel Sarinah. Banyak masyarakat Indonesia mencari informasi secara langsung tentang kejadian melalui Twitter. Walaupun mengalami ketakutan, tapi masyarakat Indonesia melalui Twitter menyampaikan solidaritas atas serangan dengan hashtag #KamiTidakTakut. Selain itu, ada 820.000 tweet yang berkaitan dengan itu dan  hashtag yang berkaitan peristiwa ini adalah #PrayForJakarta yang sempat menjadi trending topic #1 dunia.
  • #GMT2016. Baru saja ini terjadi pada 9 Maret 2016, dimana fenomen alam yaitu Gerhana Matahari Total melewati daerah Indonesia. Banyak yang mengikuti perkembangan tersebut dengan men-tweet sebanyak 500.000 selama 24 jam.

Twitter membuat tweet ucapan terima kasihnya melalui akun @TwitterID dengan menyatakan, “Terima kasih atas 10 tahun yg luar biasa. Kami tak sabar melihat Tweet Anda berikutnya. Love, Twitter #LoveTwitter.”