28.6 C
Banjarmasin
Minggu, April 28, 2024

Cara Non-Aktifkan “Masuk dengan Google” di Situs Web

Teknologi.info – Pernah gak, Anda masuk ke situs web tertentu, lalu muncul pop-up /perintah “Sign in with Google” atau “Masuk dengan Google” untuk membantu Anda masuk dengan cepat ke situs web tersebut? Jika Anda “bosan” dengan permintaan seperti itu, ada cara untuk menonaktifkannya dari menu pengaturan akun Google Anda. Yuk disimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Nonaktifkan Sign in with Google di Website

Dalam contoh kali ini, screenshot yang kami sajikan dalam bahasa Inggris (karena kami merasa terkadang bingung sendiri dengan istilah teknologi internet yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia).

Perintah “Sign in with Google” terkait dengan akun Google milik Anda dan bukan karena browser web tertentu. Jadi, selama Anda login di browser manapun dengan akun Google, maka situs-situs yang menerapkan fitur ini akan terus meminta Anda untuk “Masuk dengan Google”. Artinya, jika ingin menghentikan aktifitas tersebut maka Anda harus mengubah pengaturan di akun Google Anda agar tidak muncul lagi di semua browser web Anda, baik desktop maupun di perangkat seluler.

Untuk memulai proses, silakan ke Google My Account (Google Akun Saya) di browser web di komputer Windows, Mac, atau Linux Anda yakni di https://myaccount.google.com/. Kemudian, login/masuk ke akun Google Anda jika belum.

Saat situs sudah terbuka, pilih Security/Keamanan di sisi di sebelah kiri.

google keamanan securityPada halaman Security/Keamanan, geser ke bawah ke bagian Signing in to Other Sites. Di sini, klik opsi “Sign in with Google“.

google masuk ke situs lain

Di halaman berikutnya, di bawah bagian “Signing in with Google”, matikan sakelar “Google Account Sign-In Prompts”.

matikan saklar google masukAnda akan melihat pesan “ Updated ” di sudut kiri bawah browser Anda. Ini memberitahu Anda bahwa pengaturan Anda sudah tersimpan.

Catatan: Jika Anda masuk ke beberapa akun Google di browser web Anda, ulangi proses di atas untuk setiap akun untuk menghilangkan permintaan “Masuk dengan Google”.

Selesai! Mulai sekarang, Anda tidak akan melihat perintah “Masuk dengan Google” di situs web mana pun! Jangan lupa bagikan artikel ini; siapa tahu gebetan lagi nyari informasinya 😉

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?