6 Strategi Ciamik Liburan Tiap Bulan Untuk Pekerja Kantoran

127
Pentingnya Liburan Untuk Pekerja Kantoran
Pentingnya Liburan Untuk Pekerja Kantoran

Teknologi.info – Apa yang paling membuat para pekerja kantoran bahagia selain mendapat kenaikan gaji dan bonus akhir tahun? Tentu jawabannya adalah kemudahan liburan tiap bulan! Bagaimana tidak, sebuah liburan seolah bisa menyegarkan pikiran yang selama ini sudah penat dengan rutinitas setiap hari.

Tapi di sisi lain, kebutuhan akan kebahagiaan tersebut tidak sejalan dengan kemudahan mengambil cuti, jumlah gaji, atau pun mengatur waktu liburan di sela-sela banyaknya pekerjaan. Ditambah lagi, kesulitan akan menahan rasa iri ketika banyak teman-teman yang mengupdate foto-foto liburan mereka.

Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya akan merasa kerja siang malam sia-sia rasanya kalau mau liburan saja sulit. Makanya, sebelum terlalu larut dalam kesedihan karena sulit liburan, baca dulu deretan tips berikut yang ditujukan khusus pekerja kantoran supaya bisa liburan tiap bulan.

  1. Membuat to do list setiap bulan di kalender dan kejar target

To do list ini selain untuk membuat rencana hal yang dilakukan setiap bulan untuk menyelesaikan pekerjaan, juga bisa dijadikan sebagai motivasi liburan. Banyak yang bilang kalau cara ini juga bisa menjadi motivasi kuat untuk mengumpulkan uang lebih giat lagi.

Dengan adanya daftar pekerjaan yang akan dilakukan jadi lebih mudah untuk mengelompokkan waktu yang disediakan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Intinya, to do list bisa membuat kamu lebih mudah untuk menentukan prioritas dan menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Jadi liburan lebih tenang.

  1. Memang, tidak baik kalau pelit untuk urusan perut, tapi usahakan untuk menabung dan jangan boros

Yang namanya liburan sudah pasti akan membutuhkan banyak uang. Apalagi kalau liburannya sebulan sekali. Ketika berangkat liburan juga biaya yang paling besar adanya di transportasi dan akomodasi seperti penginapan. Kalau tidak direncanakan sudah pasti jadinya berantakan dan menguras kantong.

Sebisa mungkin jangan jajan, meski itu cuma sekadar jajan cemilan baru di sekitar kantor atau mungkin beli minuman yang sedang hits. Lebih baik simpan uang itu untuk tabungan. Kelak uang itu bisa jadi uang transportasi. Lumayan sekali jika kamu konsisten berhemat seperti ini.

  1. Kalau bisa, pergi bersama-sama karena bisa lebih irit di bagian transportasi dan penginapan, meski asik juga kalau pergi sendirian

Memang, solo traveling sangat menantang dan banyak yang bilang lebih menyenangkan. Tapi meski begitu tetap lebih seru ketika melakukan perjalanan bersama beberapa teman. Selain itu, bisa lebih murah juga lho.

Contohnya saja jika kamu liburan ke Singapura dan naik taksi, yang tadinya kamu harus membayar 10 Dollar saat sendirian, kamu tentu bisa bayar hanya 2,5 Dollar saat pergi bersama 3 orang lainnya.

Begitu juga dengan hotel, meskipun kalau kamu sendiri bisa pesan hostel, tapi kan kalau berdua satu kamar bisa membayar seharga hostel dan mendapatkan fasilitas serta privasi yang kadang belum tentu ada di hostel.

Namun, transportasi itu hitungannya adalah ketika sudah sampai di destinasi atau negara tujuan. Kalau dari kota keberangkatan menuju kota kedatangan tetap bayar sendiri dan paling nyaman adalah dengan naik pesawat apalagi kalau rute penerbangan jarak jauh.

Jangan takut mahal karena kamu sekarang bisa cari harga tiket Batik Air murah dengan mudah. Tinggal cari di situs booking pesawat dan juga hotel online terpercaya Reservasi.com. Di situ juga bisa cari hotel termurah di Jakarta, lho.

  1. Buat tabungan yang khusus untuk liburan dan jangan diganggu gugat

Nah, ini adalah tips yang benar-benar harus diikuti dan dijalani dengan tekun. Pernah dengar istilah “gaji numpang lewat”? Kalau mengikuti tips yang satu ini niscaya bujet kamu untuk liburan akan baik-baik saja.

Menyimpan uang untuk menabung dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari adalah dua hal yang sangat berbeda. Dengan membuat tabungan khusus untuk liburan, kamu bisa liburan tanpa perlu takut mengutak-atik uang harianmu. Dengan menggabungkan niat yang kuat dan adanya uang tabungan khusus untuk liburan ini, pasti liburan bisa terwujud dan dijamin anti gagal.

  1. Tidak ada aturan khusus dan tertulis kapan harus liburan untuk para pekerja kantoran, cuma lebih baik hindari awal bulan

Awal bulan memang identik dengan orang-orang yang baru gajian. Makanya, banyak sekali tempat wisata yang sangat penuh di akhir pekan pertama setiap bulan. Untuk mengantisipasi harga yang selangit baiknya hindari waktu ini.

Biasanya memang kalau musim liburan harga tiket dinaikkan semaunya dan juga harga makanan dan penginapan bisa jauh lebih tinggi dari biasanya. Tak hanya irit, kamu juga jadi bisa menikmati liburan sepenuhnya kalau liburan di waktu yang tidak biasa.

  1. Mau irit lebih baik lagi? Coba masak makanan sendiri

Jadi pekerja kantoran bukan tidak mungkin untuk membawa bekal makanan sendiri. Justru dengan begini kamu jadi bisa mengirit pengeluaran lebih hemat lagi. Pasalnya, biaya terbesar saat ngantor adalah ketika jajan sedikit yang lama-lama menjadi bukit.