Video di Facebook untuk Android Bisa Disimpan dan Ditonton Offline

542
Tampilan Facebook untuk Aplikasi Smartphone

Teknologi.info – Facebook baru-baru ini merilis fitur terbaru yaitu menyimpan video dan dapat menonton secara offline. Update terbaru ini untuk aplikasi Android dan masih diuji cobakan di India. Tapi, dikabarkan sudah dapat dirasakan oleh pengguna Facebook untuk Android di seluruh dunia.

Saat saya melakukan update Facebook versi 85 sore tadi, sepertinya belum tersedia karena saat mencari di post video tidak muncul fitur “Save Video”. Saya memperkirakan baru di update selanjutnya fitur ini tersedia.

Cara menyimpan video tersebut yaitu pilih post berupa video yang diinginkan, setelah itu pilih menu dropdown berbentuk segitiga bawah maka muncul pilihan lalu tekan “Save Video” (Simpan Video). Video tersebut disimpan dalam menu “Saved” dan bisa diakses kembali untuk menonton ulang.

Perlu diketahui, video tersebut bisa diputar secara offline hanya melalui aplikasi Facebook untuk Android. Tidak bisa diakses pengguna lewat “File Manager” atau sejenisnya dan diputar dengan aplikasi pemutar video di smartphone atau tablet. Jadi, jangan mengira video di Facebook bisa di download pakai aplikasi Android.

Berikut contohnya dalam bentuk screenshoot yang diambil dari The Next Web tentang menyimpan Video.

Save Video, Facebook, Android
Contoh Fitur Save Video di Facebook untuk Android

Facebook bukanlah yang pertama menawarkan fungsi tersebut. Pada tahun 2014, YouTube yang memperkenalkan video yang bisa disimpan dan ditonton secara offline. Dan selanjutnya, Amazon Prime juga mengikuti dengan meluncurkan fitur serupa untuk iOS dan Android.

Comments