28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 19, 2024

Digital Super Woman: Dukungan Indosat Ooredoo untuk Perempuan Manfaatkan Teknologi Digital

Teknologi.info – Perempuan di Indonesia belum banyak memanfaatkan internet dan teknologi digital dalam meningkatkan taraf hidup mereka. Padahal, perempuan memiliki peranan penting dalam membangun ekonomi digital di Indonesia yang sejalan dengan semangat untuk mendukung terwujudnya Indonesia Digital Nation.

Hal itu didukung pernyataan dari President Director and CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli. “Masih banyak perempuan yang belum memiliki pengetahuan atau pemahaman bagaimanan menggunakan internet dan teknologi digital yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Era digital telah membawa begitu banyak perubahan dengan segala peluang. Di Jakarta, para perempuan merupakan pengguna internet yang paling dominan, yakni 73%. Tapi secara nasional, masih banyak perempuan di Indonesia yang belum tersentuh.”

Oleh karena itu, Indosat Ooredoo mendukung perempuan-perempuan di Indonesia untuk meningkatkan akses ke mobile internet dan dunia digital mengadakan rangkaian kegiatan. Selain itu juga acara ini diadakan karena bertepatan dengan Hari Wanita Sedunia (Women`s International Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret.

Kegiatan yang dilakukan adalah Talkshow dan Masterclass bertema “Women Connected to Mobile Internet: Women in Digital Era”. Acara ini digelar Kamis (17/3) kemarin,merupakan komitmen Indosat Ooredoo untuk mendukung inisiatif global GSMA Connected Women dalam meningkatkan akses wanita ke mobile internet menjadi 43% pada tahun 2020.

Indosat Ooredoo tidak hanya ingin peningkatan konektivitas bukan sekadar angka tapi juga memastikan akses internet dan teknologi digital dapat membantu perempuan meningkatkan kualitas hidup menjadi Digital Super Woman.

Hal itu dipertegas oleh Alexander Rusli melalui pernyataannya, “ Ini lebih dari sekadar konektivitas. Kita ingin memastikan teknologi digital dapat dipahami dan dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi perempuan sehingga mereka dapat meraih mimpi, cita-cita, dan kualitas hidup yang lebih baik.”

Alexander juga menambahkan bahwa Indosat Ooredoo mempunyai program CSR khusus perempuan yang diberi nama Inspirasi Perempuan Indonesai (INSPERA). “Komitmen ini kami wujudkan melalui program CSR Indosat Ooredoo pilar Women Empowerment yang telah menjadi bagian dari pilar utama program CSR kami sejak 2012,” ungkapnya.

Program CSR ini memiliki dua tujuan utama. Yang pertama meningkatkan kemampuan dan keterampilan perempuan untuk dapat memperoleh penghasilan, serta memberikan akses pendanaan dan layanan keuangan. Yang kedua meningkatkan jumlah perempuan untuk mendapatkan akses informasi dan fasilitas telekomunikasi melalui berbagai layanan dan aplikasi, kegiatan komunitas perempuan, seminar, sharing, pameran digital, dan kewirausahaan.

Kegiatan Talkshow dilanjutkan dengan Masterclass yang dibagi dalam empat tajuk yaitu i dari Vera Itabiliana (Psikolog Anak), Women in Digital Economy dari Citra Damayani Agus (CEO IMX), Digital Securtiy and Safety for Women and Family dari Septriana Tangkary (Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), dan Commercial Product Photography dari Arino Mangan (Arino Mangan Photography).

Selain itu juga, Indosat Ooredoo mengeluarkan program CSR pilar edukasi “Indonesia Belajar” yang bertujuan pada pendidikan secar digital sebagai upaya untuk mendukung Indonesia Digital Nation. Kerjasama Indonesia Belajar dengan Hasri Ainun Habibie ORBIT Foundation dan CREATE Foundation untuk melaksanakan CREATE CyberSchool With IoT (Internet of Things) di 65 buah sekolah percontohan di lima wilayah Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku-Papua.

Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?