28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 19, 2024

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Facebook Live Streaming

Teknologi.info – Apa itu Facebook Live? Facebook Live adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung dengan format video. Memang beredar kabar bahwa fitur dalam Facebook terbaru yakni Live Streaming hanya bisa digunakan para selebriti dan juga beberapa pengguna yang terpilih saja. Akan tetapi sekarang, fitur ini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna Facebook. Mungkin untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara kerja dari fitur ini tentunya sama seperti halnya aplikasi yang terpasang di Twitter yakni Periscope. Di mana dalam hal ini para pengguna bisa melakukan broadcast aktivitas langsung dengan video call kepada semua teman yang ada pada Facebook.

Dengan fitur terbaru ini tentunya membuat perkembangan Facebook semakin dicintai oleh para pengguna Internet. Tidak heran jika Facebook masih menjadi media social favorit walaupun sudah terbilang cukup lama eksis di dunia digital. Cara menggunakan facebook live video tentunya Anda hanya perlu mencari ikon yang tertulis “New Record and Share Live Video”. Jika Anda belum menemukannya bisa langsung menu ke ikon yang terletak disamping “Check In” karena memang tersembunyi.

Setelah Anda menemukannya, tinggal klik ikon streaming maka nantinya Facebook akan meminta izin kepada Anda untuk menggunakan mikrofon dan juga kamera, kemudian Anda bisa tinggal klik “Lanjutkan”. Setelah itu, anda bisa mengatur privasi video, dan apakah bisa di tonton semua orang atau hanya teman anda. Ketika siaran sedang berlangsung, adapun informasi penonton akan terlihat di bagian bawah video. Informasi ini akan memuat siapa saja dan berapa jumlah penonton yang akan melihat video anda. Seperti inilah cara live streaming di facebook.

Meskipun tidak ada batasan waktu dari pihak Facebook dengan keberadaan Live Streaming, tapi mereka menyarankan koneksi yang lebih bagus supaya siaran tidak terputus. Sayang sekali jumlah penonton yang bisa melihat terbatas. Adapun perbandingan dengan Periscope, Facebook Live Streaming ini memiliki kekurangan yaitu notifikasi atau pemberitahuan. Kalau Periscope yang memberi tahu semua pengikut anda, namun Facebook tidak memberi tahu ke teman anda tentang siaran yang sedang berlangsung.

Anda tidak perlu download aplikasi facebook live streaming apapun. Hanya tinggal menunggu jika menu tersebut belum tersedia di akun Anda. Jika nanti sudah ada, akankah anda mencobanya? Jadi itulah cara menggunakan facebook video live Streaming. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang masih belum mencoba aplikasi facebook streaming live.

Update 20 Maret 2017 tentang Cara Live di Facebook

Banyak di kolom komentar yang menanyakan bagaimana cara siarang langsung di Facebook (live) karena beberapa melaporkan tidak ada menunya. Untuk diketahui, untuk bisa live atau menyiarkan siaran langsung (broadcast) di Facebook, tidak memerlukan aplikasi siaran langsung facebook secara khusus karena yang digunakan adalah aplikasi Facebook mobile versi iOS dan/atau Android (silakan download dari link ini melalui smartphone Anda).

Jadi, pastikan bahwa:

  1. Anda menggunakan aplikasi Facebook untuk Android atau iOS; bukan Facebook Lite atau Facebook yang TIDAK didownload dari Play Store atau Apps Store.
  2. Pastikan Sistem Operasi Android (minimal lolipop) atau iOS (minimal iOS 9) milik Anda adalah yang terbaru.
  3. Dalam beberapa kasus, memang ada akun yang belum mendapatkan fitur live streaming ini. Untuk mengetahuinya, coba pinjam HP teman yang sudah ada tombol live, lalu logout/keluar akun teman si pemilik HP, kemudian Anda login dengan akun Facebook Anda di HP si teman tadi. Setelah login, apakah muncul tombol siarang langsung/live di akun Facebook Anda melalui HP teman tersebut?
    Jika muncul, berarti HP Anda tidak mendukung (solusinya, upgrade aplikasi facebook dan sistem operasi Android/iOS Anda).
    Jika tidak muncul, berarti akun Facebook Anda belum mendapatkan fitur live (belum menemukan solusi untuk masalah ini karena Facebook mengatakan akan membuat semua akun bisa memiliki fitur live).

Yang paling sering terjadi adalah karena smartphone atau aplikasi atau OS yang tidak kompatibel.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu, Facebook juga menambah kemampuan live ini. Tidak hanya melalui smartphone Android atau Apple iOS, sekarang juga bisa melalui desktop atau laptop.

Berikut penampakannya menu live via komputer:

cara facebook live di komputer laptop desktop

Oh iya, jika Anda memiliki atau mengelola Facebook Pages (fans page), coba install Facebook Pages Manager. Dari sini juga ada menu Live-nya 😉

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?