WOW! Begini Ternyata Kisah Awal Terciptanya Pokemon GO

617
Pokemon Challenge, candaan yang menjadi kenyataan.

Teknologi.info – Pokemon GO, siapa yang tak kenal dengan game fenomenal ini sekarang? Game berbalut teknologi augmented reality berbasis geo-lokasi ini sudah memiliki jutaan pemain dari seluruh dunia.

Akan tetapi, apakah Anda tahu bagaimana awal mula ide untuk menciptakan game ini berasal? Ternyata, Pokemon GO terinspirasi dari candaan April Mop yang dibuat oleh Google di tahun 2014 yang lalu. Tepatnya, candaan yang menjadi kenyataan.

Pada tahun itu, sebuah video yang berjudul “Pokemon Challenge” dirilis oleh Google. Video yang berisi ajakan untuk para pengguna Google Maps untuk mencari Pokemon yang ada di peta di sekitar mereka itu merupakan candaan untuk merayakan April Mop. Dalam cuplikan video tersebut ternyata memperlihatkan teknologi augmented reality.

Cuplikan video Pokemon Challenge
Cuplikan video Pokemon Challenge

John Hanke yang merupakan bos Niantic Labs saat masih bergabung di Google, menganggap serius candaan April Mop tersebut dan melihat ada potensi yang besar di sana saat itu.

Sebagai developer augmented reality yang sukses dengan Ingress-nya, John Hanke selanjutnya menghubungi Director Niantic untuk wilayah Asia Pasifik dan meminta untuk segera merealisasikan ide tersebut. Tentu saja, bercermin dari kesuksesan Ingress dan potensi emas dari franchise Pokemon.

Ingress, game pendahulu Pokemon GO
Ingress, game pendahulu Pokemon GO karya Niantic

Sejak saat itu, Niantic kemudian menjalin kerjasama dengan Pokemon Co. dan Nintendo, perusahaan yang memegang lisensi dari Pokemon.

Setelah memisahkan diri dari Google pada tahun 2015, Niantic mendapatkan suntikan dana dari Nintendo, Pokemon Co., Google, dan investor lainnya untuk mengembangkan Pokemon GO.

Satoru Iwata, selaku Presiden Nintendo yang telah wafat tahun lalu juga mendukung penuh proyek brilian Hanke tersebut. Iwata dan Hanke sepakat bahwa game ini harus bisa menjadikan sarana bagi pemain untuk berinteraksi secara langsung nantinya.

Game fenomenal, berawal dari candaan
Game fenomenal, berawal dari candaan

Video Google Maps – Pokemon Challenge

Pokemon GO sudah menjadi fenomena global saat pertama kali dirilis untuk Australia dan Selandia Baru. Bukan hanya sebagai sebuah game, bahkan Pokemon sendiri merasuk dan mampu mempengaruhi aspek sosial. Terbukti dari berbagai kejadian unik yang terjadi belakangan ini akibat dari kepopuleran Pokemon GO.

Jadi, akankah ada candaan April Mop berikutnya yang menjadi kenyataan?

Advertisements