28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

5 Penyebab Terjadinya Mobil Ngelitik, Beserta Solusi Untuk Mengatasinya

Teknologi.info – Pernahkan Anda ketika mengendarai mobil tarikannya berat atau bahkan mesin seperti tidak ada tenaga disaat mobil terderak suara mengelitik. Mobil yang normal akan menghasilkan suara yang lebih halus kecuali mobil itu merupakan modifikasi. Jika mobil mengalami hal ini artinya mobil mengalami gejala knocking alias ngelitik. Berikut merupakan kelima penyebab yang umum terjadi beserta solusi untuk mengatasi penyebab tersebut.

Tidak Meratanya Pencampuran Bahan Bakar Dengan Udara

Ketika percampuran antara bahan bakar, udara, dan pengapian tidak merata dan tidak sesuai. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan melakukan servis berkala dan juga melakukan tune up. Dengan melakukan servis secara berlaka nantinya ada tahapan penyetingan bahan bakar tentunya dari hal ini bisa mengurangi adanya ngelitik.

Posisi Ignition timing berubah

Jika posisi ignition timing tidak sesuai dengan posisi standard tentu bisa menimbulkan gejala ngelitik. Hal ini disebabkan karena bahan bakar diledakkan tidak pada waktunya. Ketika posisi ini terus menerus terjadi makan akan menyebabkan kompresi bocor atau hilang sehingga menimbulkan tenaga mobil ngempos. Solusi untuk mengatasi hal ini Anda bisa membawa mobil untuk dilakukan perbaikan di bengkel, jangan sampai Anda lakukan sendiri. Pada bagian ini mekanik akan jauh lebih paham dan mempunyai alat pengukur untuk melakukan tahapan dalam mengatur ulang letak jarak dan juga posisi ignition timing.

Pengapian Tidak Merata

Ketika adanya gejala ngelitik sering umumnya terjadi akibat dari pengapian yang tidak sempurna. Ketika busi sudah lemah nantinya api yang dihasilkan dari percikan tersebut juga menjadi kecil dibandingkan biasanya. Akibatnya, bensin yang akan disemprotkan dari injektor tidak bisa terbakar secara maksimal. Solusi untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengganti busi lama dengan yang baru agar pembakaran mesin bisa secara maksimal. 

Bahan Bakar Tidak Sesuai Standar

Hal ini sering kali diabaikan oleh para pemilik mobil, ketika mereka mengisi BBM yang tidak sesuai dengan standar mobil maka bisa menimbulkan gejala ngelitik. Lebih baik Anda mengisi BBM sesuai standar yang telah ditentukan karena itu akan jauh lebih mengehemat pengeluaran Anda dari pada harus membawa mobil untuk diperbaiki di bengkel. 

Temperatur Mesin Terlalu Panas

Ketika temperatur mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan mesin mobil menjadi ngelitik. Hal ini terjadi karena pada sekor pendinginan mesin tidak berkerja secara maksimal. Solusi untuk mengatasi penyebab ini kamu bisa memeriksa kondisi motor kipas radiator. Jika kondisi kipas radiator lemah, ada baiknya Anda ganti dengan yang baru dibarengi dengan penggantian air radiator juga tentunya.

Itulah penyebab mesin mobil ngelitik yang sering terjadi pada mobil. Untuk mencegah hal tersebut terjadi Anda bisa melakukan masing-masing solusi yang sudah dijelaskan diatas. Pastikan kendaraanmu di servis secara berkala.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!