28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

Gunakan Tips Ini Jika Baterai di iOS 16 Lebih Cepat Habis

Teknologi.info – Apakah Anda merasa masa pakai baterai lebih boros setelah update ke iOS 16 atau iPadOS 16 di iPhone atau iPad Anda? Masalah baterai ini umumnya dilaporkan setelah pembaruan perangkat lunak sistem utama, tidak terkecuali untuk iOS 16 dan iPadOS 16.

Bagi sebagian besar pengguna, memperbarui ke iOS 16 atau iPadOS 16 berjalan tanpa masalah, tetapi bagi beberapa yang lain mungkin ada yang merasa baterai menjadi lebih cepat habis dan boros setelah update.

1. Baru saja update ke iOS 16 atau iPadOS 16 lalu merasa baterai lebih boros? Tunggulah…

Jika Anda baru saja memperbarui ke iOS 16 atau iPadOS 16 dan merasa masa pakai baterai lebih buruk, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menunggu.

Memang terdengar bukan sebuah solusi, tetapi iOS/iPadOS yang baru diupdate harus melakukan penyesuaian sistem, pengindeksan, dan tugas lainnya setelah pembaruan perangkat lunak besar-besaran, dan selama itu perangkat akan menggunakan ebih banyak energi pada baterai. Jadi bersabarlah sedikit terutama jika Anda baru saja memperbarui software.

2. Instal Pembaruan Perangkat Lunak yang Tersedia

Ini adalah bentuk saran umum. Anda harus memastikan bahwa Anda update ke pembaruan perangkat lunak yang paling baru.

Anda bisa menceknya secara berkala ke menu update/pembaruan iOS/iPadOS baru dengan masuk ke Pengaturan -> Umum -> Pembaruan Perangkat Lunak, dan ketuk “Unduh dan Instal” jika ada perangkat lunak baru yang tersedia. Ingat, selalu buat backup/cadangkan iPhone atau iPad Anda sebelum memperbarui. Seperti saat iOS 16 muncul beberapa hari kemudian muncul versi 16.1 nya (bahkan 16.2). Hal ini biasanya muncul untuk perbaikan bug, dan jika ada bug yang diketahui menyebabkan masalah baterai, itu pasti akan diselesaikan dalam pembaruan semacam itu.

3. Instal Pembaruan Aplikasi

Memperbarui atau mengupdate aplikasi yang terinstall di perangkat milik Anda berguna untuk memastikan kompatibilitas dengan versi iOS/iPadOS terbaru, dan itu bisa saja termasuk perbaikan masalah baterai.

Buka App Store, lalu ketuk ikon profil ID Apple Anda di sudut kanan atas layar. Gulir ke bawah dan pilih “Perbarui Semua” untuk menginstal pembaruan aplikasi yang tersedia.

4. Temukan Aplikasi Apa yang “Memakan” Baterai Paling Banyak

Temukan aplikasi mana yang menggunakan baterai dengan membuka Pengaturan -> Baterai.

Anda mungkin melihat satu atau dua outlier, biasanya streaming video atau game, dan selain memperbarui aplikasi tersebut, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menghentikannya jika Anda tidak menggunakannya.

Anda juga dapat memeriksa kesehatan baterai perangkat, jika jauh lebih rendah dari 80%, mungkin ada baiknya untuk mengganti baterai perangkat – meskipun ini tidak ada hubungannya dengan pembaruan iOS 16.

5. Nonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang (Disable Background App Refresh) adalah trik umum untuk memperpanjang masa pakai baterai, dan sebagian besar pengguna tidak akan melihat perbedaan dalam cara pengoperasian iPhone atau iPad mereka.

Buka Pengaturan> Umum -> Segarkan Aplikasi Latar Belakang dan matikan ini.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa Spotify khususnya secara agresif menghabiskan masa pakai baterai di iOS 16, dan menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang tampaknya cukup efektif. Spotify mengatakan bahwa masalah ini akan dibahas dalam pembaruan perangkat lunak yang akan datang juga, yang merupakan alasan utama mengapa penting untuk memperbarui aplikasi saat tersedia.

6. Gunakan Mode Daya Rendah (Low Power Mode)

Mode Daya Rendah dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai perangkat iPhone. Mode ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone.

Anda dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah dari Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah ke ON

Anda juga dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah melalui Pusat Kontrol.

7. Kecerahan Tampilan Lebih Rendah

Menurunkan kecerahan layar Anda dapat membantu menghemat baterai iPhone dan iPad, karena hal itu menyebabkan perangkat menggunakan lebih sedikit energi.

Menyesuaikan kecerahan layar dengan mudah melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan menggunakan penggeser.

Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan layar melalui Pusat Kontrol.

8. Nonaktifkan Layanan Lokasi yang Tidak Diinginkan untuk Aplikasi

Layanan Lokasi sangat bagus dan diperlukan untuk aplikasi Maps, dan hal-hal seperti layanan transportasi online, dan aplikasi pengiriman makanan, tetapi tidak diperlukan untuk banyak aplikasi lain. Penggunaan lokasi menguras baterai, jadi menonaktifkan penggunaan lokasi yang tidak diinginkan dapat membantu. Terlebih pada aplikasi PeduliLindungi 😆

Buka Pengaturan -> Privasi -> Layanan Lokasi, dan pilih aplikasi untuk menonaktifkan penggunaan lokasi. Setel Akses Lokasi ke “Tidak Pernah” atau “Tanya Lain Kali”.

9. Restart iPhone / iPad

Terkadang masalah pengurasan baterai dapat diselesaikan dengan reboot sederhana, jadi ada baiknya dicoba.

Untuk memaksa reboot iPhone atau iPad dengan ID Wajah, tekan tombol volume atas, lalu tombol volume bawah, lalu tahan tombol samping/daya hingga Anda melihat logo Apple, lalu lepaskan.

Untuk model iPhone/iPad lama dengan tombol home fisik, tekan dan tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan hingga Anda melihat logo Apple di layar untuk reboot.

Apakah Anda mengalami masalah pada iOS 16 atau iPadOS 16 di iPhone atau iPad Anda khususnya pada baterai? Apakah ada tip tertentu yang membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut? Beri tahu kami pengalaman Anda tentang masa pakai baterai, pengurasan baterai, dan penggunaan baterai secara umum dengan iOS/iPadOS 16 di kolom komentar di bawah 😉


Jika di atas adalah solusi saat setelah update OS, di bawah ini adalah tips hemat baterai dalam sehari-hari menggunakan iPhone/iPad.

Berikut adalah beberapa tips hemat baterai iPhone/iPad yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah:

  1. Matikan fitur yang tidak digunakan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan fitur lokasi. Fitur-fitur tersebut akan memakan banyak daya baterai jika diaktifkan terus menerus.
  2. Gunakan mode low power ketika baterai iPhone mulai menipis. Mode ini akan membatasi aktivitas sistem dan menghemat baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak penting.
  3. Gunakan aplikasi yang ringan dan efisien dalam menggunakan baterai. Pilihlah aplikasi yang memiliki rating baterai yang baik, dan hindari menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan.
  4. Matikan fitur animasi dan efek visual yang tidak perlu. Fitur-fitur ini dapat menguras baterai dengan cepat, jadi matikan saja jika tidak diperlukan.
  5. Gunakan mode layar gelap di iPhone Anda. Mode ini akan mengubah warna layar menjadi hitam atau abu-abu, sehingga akan menghemat baterai dibandingkan dengan menggunakan mode layar terang.
  6. Pastikan iPhone Anda selalu dalam kondisi terupdate. Versi terbaru dari iOS akan memperbaiki bug dan meningkatkan efisiensi penggunaan baterai, sehingga dapat menghemat baterai secara keseluruhan.
  7. Hindari menggunakan iPhone di suhu ekstrem. Suhu yang terlalu dingin atau panas dapat menurunkan daya tahan baterai iPhone, jadi pastikan untuk menyimpan iPhone pada suhu yang nyaman.
  8. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang terbuka akan terus bekerja di latar belakang, sehingga akan menguras baterai. Tutup aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat baterai.
  9. Gunakan mode penghemat daya baterai untuk menghemat baterai secara otomatis. Mode ini akan membatasi aktivitas sistem dan menghemat baterai dengan cara yang efisien.
  10. Gunakan power bank atau case baterai untuk menambah daya tahan baterai iPhone Anda. Dengan menggunakan power bank atau case baterai, Anda dapat menggunakan iPhone lebih lama tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Nah bagaimana? Silakan dicoba ya.. Cek juga secara berkala battery health iphone/ipad milik anda.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!