28.6 C
Banjarmasin
Selasa, April 23, 2024

Chat Anonim di ASKfm, Lebih Privat, Lebih Bebas, Lebih Banyak Komunikasi

Teknologi.info – ASKfm, jejaring sosial global dengan jutaan pengguna, telah meluncurkan Anonymous Chats, yakni sebuah fitur baru yang dihadirkan atas hasil permintaan dari 70% penggunanya.

“Beberapa tahun dari sekarang, jutaan orang akan menilik kembali dan menyadari bahwa terobosan kami ini bagai secercah harapan di tengah ketidakpastian. Kami percaya bahwa komunikasi yang bebas, terbuka, dan aman adalah inovasi yang telah lama dinantikan. Kami merancang Anonymous Chats sehingga siapa pun, terlepas dari apakah dia pengguna aktif atau nonaktif; apakah dia pribadi yang pemalu atau percaya diri; apakah dia gemar berbincang atau cenderung pendiam, bisa menemukan kawan untuk diajak berbincang. Kendati akhir dari Pandemi ini masih sangat tidak jelas, kami percaya bahwa komunikasi yang bebas, terbuka, dan aman berkat Anonymous Chats mampu membawa angin segar di tengah kondisi sekarang ini.”
Janis GrivinsCEO ASKfm

Bagaimana Awal Mulanya?

Jejaring sosial ASKfm diluncurkan pada tahun 2010 dan terus berkembang hingga kini. Sampai saat ini, ASKfm telah memiliki 348 juta pengguna yang saling bertukar 600 juta pertanyaan dan jawaban setiap bulannya. Selama 3 tahun terakhir, lebih dari 1,2 juta pengguna dari Indonesia mendaftar di aplikasi ini.

Keunggulan utama ASKfm adalah anonimitas. Kamu bisa bertemu teman baru dengan mengajukan pertanyaan anonim, pun ditemukan oleh orang lain. Kamu juga bisa menyimpan blog atau berbagi rahasia tanpa harus membongkar identitas aslimu.

Sejak awal 2020, platform ini sudah membuat sejumlah perubahan, mulai darimelakukan penyegaran total dari segi desain tampilan, memperkenalkan mata uang internal yang dinamai ASKfm coin, meluncurkan pasarnya sendiri, hingga menghadirkan program penghargaan influencer, fitur jawaban rahasia, dan paket berlangganan yang sudah lama dinantikan.

Lebih jauh, fitur jawaban rahasia ini langsung memikat perhatian publik saat minggu-minggu awal peluncurannya. Pengguna bisa menyembunyikan jawaban menarik dan unik dari pengguna-pengguna lain yang kepo, kemudian “menjualnya” untuk mendapatkan koin. Sederhananya, pengguna bisa mengambil keuntungan dengan membagikan rahasianya kepada pengguna lain.

Apa Tujuan Dibuatnya Fitur Aplikasi Baru Ini?

Dulunya, komunikasi antara pengguna ASKfm hanya berupa tanya-jawab. Kini, para pengembang ASKfm telah menambahkan fitur baru yang paling dinantikan – Anonymous Chats. Berkatnya, komunikasi jadi lebih cepat, lebih mendalam, dan lebih hidup. Semua obrolan bisa dibaca oleh pengguna lain, tetapi orang-orang yang berpartisipasi di dalamnya tetap anonim.

Memulai sebuah obrolan itu sangat mudah. Kamu hanya perlu menulis pesanmu di bawah jawaban pengguna. Fitur ini unik karena kamu bisa menulis pesanmu secara terbuka atau anonim. Jumlah pesertanya tak terbatas dan seluruh peserta obrolan bisa melihat keseluruhan percakapan. Dengan fitur ini, kamu bisa mengadakan pertemuan dengan ratusan peserta, berkomunikasi dengan teman sekelas, teman sekelompok, bahkan seluruh karyawan perusahaan.

Selain itu, kamu tak perlu merisaukan konten yang akan kamu terima lewat fitur obrolan itu. Fitur baru ini tunduk pada seluruh peraturan platform ini. Jadi, setiap pesan yang melanggar peraturan ini akan langsung dihapus oleh layanan moderasi yang memantau keamanan konten 24/7.

Langkah pengembangan jejaring sosial ASKfm berikutnya adalah “obrolan tertutup untuk dua orang”, yang akan memudahkanmu untuk berkomunikasi secara pribadi.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?