Omni, Aksesoris Virtual Reality dari GoPro

183
Kamera Omni dari GoPro untuk Virtual Reality
Kamera Omni dari GoPro untuk Virtual Reality

Teknologi.info – Berbagai terobosan dalam perkembangan teknologi membuat beberapa produk baru yang menarik untuk kita pelajari, salah satunya adalah Virtual Reality (VR). Belakangan, VR menjadi pembicaraan yang sangat menarik hingga mampu mendorong berbagai produsen smartphone maupun action camera untuk membuatnya. Seperti yang dilakukan GoPro, vendor kamera aksi ini juga turut merilis VR yang diberi nama Omni. Omni merupakan aksesoris tambahan (add ons) kamera yang bisa digunakan untuk merekam video dengan fitur 360º.

Yang menarik, Omni mempunyai bentuk kubus yang penggunaannya dengan cara memasang 6 perangkat kamera GoPro pada tiap-tiap sisi kubus Omni. Artinya, melalui Omni akan terpasang 6 kamera Hero4 Black yang diatur (setting) untuk bisa mengambil gambar atau video sekaligus pada waktu yang sama. Teknik inilah yang nantinya akan membuat video dan/atau gambar bisa menjadi berformat 360º. Hasil dari video ini yang bisa dimainkan via headset VR.

Sayangnya, aksesoris kamera Omni ini hanya mendukung kamera GoPro seri Hero 4 Black. Harga satu buah kamera seri ini 500 $USD. Jika perlu 6 buah, berarti perlu biaya 3000 $USD. Inipun belum termasuk harga Omni yang sampai saat ini belum ada rilis resmi dari pihak GoPro. Sekedar perbandingan, GoPro juga pernah merilis aksesoris untuk kemampuan Virtual Reality dengan nama Odyssey di tahun 2015 lalu. Bedanya, jika Omni “hanya” perlu 6 buah GoPro Hero 4 Black, sedang Odyssey perlu 16 buah kamera dengan harga aksesorisnya saja mencapai 15ribu USD. Sungguh “mainan” yang mahal.

Jadi, kemungkinan perangkat Omni akan lebih “murah”. Apakah anda tetap ingin merekam video 360º dengan GoPro? Atau memilih perangkat sejenis dengan harga yang lebih bersahabat?