Deteksi Gempa Melalui Smartphone dengan MyShake

427
MyShake, Pendeteksi Gempa Bumi, Gempa Bumi, Smartphone, Android, Aplikasi
Aplikasi MyShake (sumber myshake.berkeley.edu)

Teknologi.info – Bencana gempa tidak bisa dihindari oleh siapapun, tapi bisa dideteksi secara dini untuk mengurangi resiko korban yang banyak. Hal ini yang menjadi pertimbangan dari University California Berkeley yaitu peneliti bagian Seismological Laboratory (Laboratorium Seismologi) untuk membuat aplikasi yang bernama MyShake.

Menariknya, aplikasi yang dibuat sesuai dengan perkembangan zaman sekarang yang identik dengan smartphone. Aplikasi ini berbasis Android dengan menggunakan sensor gerak di smartphone untuk merekam guncangan gempa bumi. Jika guncangan tersebut sesuai dengan getaran dari gempa bumi yang ada di aplikasi, maka dikirimkan informasi ke sistem pusat untuk memberitahu lokasi dan besarnya gempa.

Perlu diketahui, sensor gerak yang digunakan aplikasi ini adalah akselerometer, yang mana semua semua di smartphone Android memilikinya. Akselerometer yang dimiliki pada smartphone dapat memprediksi gempa hingga 5 skala richter dengan jarak hingga 10 km.

Dengan aplikasi ini, pengguna menjadi jaringan pendeteksi gempa bumi di seluruh dunia. Sehingga dengan adanya jaringan tersebut masuk dalam data untuk memberikan peringatan gempa secara dini. Selain itu juga data tersebut dapat dipelajari proses gempa untuk mengurangi kejadian di masa yang akan datang.

Rencananya pihak UC Berkeley akan membuat versi iOS di masa yang akan datang. Bagi anda pengguna Android ingin mendownload aplikasi bisa melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=edu.berkeley.bsl.myshake atau dengan kata kunci MyShake. Informasi lebih lanjut tentang teknologi aplikasi MyShake bisa kunjung website di http://myshake.berkeley.edu/.