Sang Penemu Internet Meninggal Dunia

323
Robert W Taylor, Internet
Robert W Taylor, Sang Penemu Internet (Wikipedia)

Teknologi.info – Robert William Taylor atau biasa disapa Bob Taylor adalah seorang pionir internet. Pria yang lahir 10 Februari 1932 di Texas, Amerika Serikat ini baru ini dikabarkan telah meninggal dunia pada tanggal 13 April 2017 di usia 85 tahun dikarenakan mengidap penyakit Parkinson.

Dunia teknologi merasa kehilangan karena jasanya dalam mencetus ARPAnet sebagai awal mula internet. Saat itu Taylor menjabat kepala Divisi Penelitian Tingkat Tinggi di militer Amerika Serikat dari tahun 1965 sampai 1970.

Alasan ada ARPAnet karena frustasi tidak bisa berkomunikasi dengan divisi lain dalam institusi tersebut yang diakibatkan sistem jaringan rumit. Dia minta tim untuk buat sistem jaringan yang bisa diakses semua anggota tanpa harus ada perpindahan terminal. Akhirnya tahun 1969, ARPAnet meluncur untuk digunakan kalangan militer.

Menurut Taylor dalam esai yang ditulis tahun 1968, dia menamakan internet untuk sistem jaringan masa depan yang memiliki ruang wilayah luas, bersifat desentralisasi dari perangkat yang terhubung, dan menjadi lintasan komunikasi berbagai arah tanpa mengenal waktu.

Tidak hanya dipakai untuk kalangan militer, Taylor pun mencoba ARPAnet bisa digunakan ke semua orang. Oleh karena itu, dia menghubungi pusat penelitian Palo Alto untuk diimplementasikan. Selanjutnya selama tahap awal pengembangan internet dilakukan penghubungan ARPAnet ke teknologi Ethernet.

Kehadiran internet mendapat berbagai macam tanggapan. Banyak yang takut akan dampak buruknya. Namun, menurut Taylor adanya internet pastinya mendatangkan kebaikan dan keburukan. Internet juga hadir sebagai penanda peradaban.
Selain menjadi penemu internet, Taylor juga dibalik munculnya perangkat-perangkat teknologi yang menjadi dasar teknologi di zaman sekarang. Itu dilakukan tahun 1970 saat di Palo Alto Research Center milik Xerox.

Taylor bersama timnya membuat komputer dengan tampilan antarmuka grafis dengan nama Xerox Alto, selanjutnya mengembangkan Ethernet yaitu jaringan komputer lokal dalam sebuah gedung yang dihubungkan ke ARPAnet memakai PUP (PARC Universal Protocol) yang melahirkan TCP/IP dan internet pertama.

Termasuk juga mengembangkan software pengolah kata berupa WYSIWYG (What You See is What You Get) dengan nama Bravo yang menjadi dasar adanya Microsoft Word sekarang.

Advertisements