28.6 C
Banjarmasin
Minggu, April 28, 2024

LINE Dev Challenge Digelar, Kompetisi LINE BOT Pertama di Indonesia

Teknologi.info – LINE Indonesia dengan didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding mengadakan LINE Developer Challenge, yaitu kompetisi terbuka bagi para developer tanah air baik individu, pelajar, maupun kelompuk untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot).

LINE mengeluarkan LINE ChatBot yang dapat menghubungkan antara solusi yang dibuat developer untuk pengguna LINE. Dengan LINE ChatBot developer terbantu untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan LINE@ Messaging API atau channel enabler memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara sistem yang dimiliki oleh pengembang dengan pengguna LINE secara otomatis.

Kompetisi ini juga bekerja sama dengan IBM, Microsoft sebagai Infrastructure Partners, East Ventures, dan Kejora sebagai Investment Partners, Kata.ai sebagai API Partner, dan beberapa komunitas lain supaya berjalan sukses. Pendaftaran dibuka sejak 2 Februari 2017 dan diumumkan pada 8 April 2017.

Ongki Kurniawan sebagai Managing Director LINE Indonesia menyatakan dalam siaran pers yang Teknologi.info. “Kompetisi ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia. Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami.”

Ada dua kategori dalam kompetisi ini, pertama Kategori Utilitas dimana para developer ditantang untuk membuat bot yang bisa membantu tugas sehari-hari lebih mudah dan menjadikan hidup semakin bermanfaat. Kedua Kategori Game dimana para developer dapat menciptakan game bot yang interaktif dan dapat menciptakan kedekatan antar pengguna.

“Lewat LINE Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia,” lanjut Ongki.

Demi menggaungkan kompetisi skala Nasional, maka LINE akan mengadakan roadshow di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Bandung (6 & 7 Februari), Jakarta (8 Februari), Yogyakarta (8 Februari), Bali (9 Februari), Surabaya (10 Februari), Depok (16 Februari), dan Tangerang (20 Februari).

Jika anda sebagai developer tertarik, maka ada kesempatan untuk mendapakan hadiah dengan total Tp 800.000.000 dan bekerja di LINE Indonesia. Informasi selengkapnya bisa dilihat di https://devchallenge.line.me/id/. Untuk informasi roadshow kunjung https://www.dicoding.com/events.

Informasi LINE Dev Challenge
Informasi LINE Dev Challenge
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?