Tips Fotografi Mengabadikan Kilatan Petir dengan Kamera

1400
Kilat, Petir, Foto, Hujan
Mengabadikan Kilat Petir (Sumber: Pixabay)

Teknologi.info – Saat musim hujan selain air hujan turun dari langit, petir dengan kilatan dan suara gemuruh menjadi pemandangan biasa yang kalian lihat. Bagi beberapa fotografer kilatan petir merupakan momen yang bisa ditangkap melalui kamera yang mereka gunakan. Dengan keindahan kilat petir dapat membuat penikmat fotografi terpesona. Berikut ini tips bagi kamu yang ingin mengabadikan petir yang berkilat di langit saat musim hujan.

Pertama, cari tempat berlindung karena petir biasanya muncul sebelum  hujan atau saat hujan. Pastikan kamu mengambil foto dari tempat yang aman, baik dari air hujan dan petir tersebut.

Kedua, perhatikan suasana di sekeliling tempat kamu ingin mengabadikan foto. Sehingga ketika ada petir muncul, kamu sudah siap mengambil dengan cepat tanpa mikirkan objek yang lain. Yang penting apakah kilat petir itu sudah dapat difoto atau belum.

Ketiga, siap-siap saat mulai muncul kilatan cahaya petir. Segera atur komposisi terbaik dan potret dengan bukaan panjang.

Keempat, kamu pastikan sudah memilih exposure dan jarak fokus untuk dapatkan kilat petir. Sehingga kamera tidak lagi menyesuaikan saat kilatan petir muncul dengan cepat dan mendadak.

Kelima, jika petir berlangsung sangat cepat, gunakanlah aplikasi yang dapat memotret dalam gerak lambat atau biasa disebut long exposure. Dengan aplikasi tersebut dapat membuka sensor kamera dalam waktu lama sehingga menangkap kilatan petir saat terjadi. Untuk pengguna smartphone, aplikasi yang dapat digunakan adalah Slow Shutter Cam buat iPhone dan Long Exposure Camera 2 untuk Android.

Keenam, bisa juga gunakan fitur HDR untuk memberikan kecerahan lebih baik ketika cuaca terlalu mendung. Apalagi kamu pengguna iPhone, pastikan pengaturan “Save Original Image” untuk mengantisipasi jika efek HDR kurang bagus.

Ketujuh, dalam posisi jauh terkadang penggunaan zoom untuk mendapatkan wilayah tertentu yang terkena kilatan petir. Sebaiknya hindari zoom dan ambillah wilayah seluas mungkin saat memotret, karena petir akan muncul di sisi mana yang tidak bisa diduga.

Kedelapan, gunakan tripod supaya saat pengambilan gambar kilatan petir tidak goyang. Jika tidak ada, bisa gunakan sesuatu yang kuat untuk disandarkan supaya stabil dalam memotret seperti batu, dinding, pohon, dan tanah.

Kesembilan, demi mendapatkan hasil terbaik ulangi memotret sebanyak mungkin supaya banyak pilihan. Walaupun tiap kilatan petir pasti berbeda dari bentuk dan warnanya, tapi itu membuat kamu mendapatkan foto yang bermacam-macam jenisnya.

Advertisements