28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 26, 2024

Selama Masa Pandemi, Twitch dan Facebook Gaming Meledak!

Kedua situs streaming tersebut, jam tontonannya naik sekitar 80% dari tahun ke tahun

Teknologi.info – Hari ini, StreamElements dan mitranya, perusahaan analitik Rainmaker.gg, telah mengeluarkan laporan “Status Stream” edisi Februari 2021. Dalam dokumen ini, ada hal menarik yang bisa kita tarik kesimpulan bahwa platform live streaming ini merupakan salah satu “pemenang” di situasi sulit ketika pandemi terjadi.

Temuan terbesar dalam laporan bulan ini adalah, dalam hal jam menonton (Watch Hours), Twitch dan Facebook Gaming naik sekitar 80% dari tahun ke tahun. Untuk lebih spesifik:

  1. Twitch tumbuh 82%,
    Ini berarti, lebih dari 1,8 miliar jam waktu tonton di bulan Februari
  2. Facebook Gaming tumbuh 79%,
    Di sini, watch hour menghabiskan waktu 400 juta jam

Sebagai referensi, pada Maret 2020, saat pandemi dimulai, Twitch menghabiskan 1,1 miliar jam tontonan. Dan April 2020, Facebook Gaming telah melewati 291 juta jam tontonan.

Angka-angka itu sangat besar dan, menurut kami, bertahan cukup lama: kedua angka itu sebenarnya turun dari bulan Januari, yang merupakan bulan dengan hari yang lebih banyak dibanding Februari. Bagi kami, hal itu menunjukkan bahwa jumlah total orang yang menonton siaran langsung/live streaming telah meningkat selama pandemi global ini. Akan lebih menarik untuk disimak, apakah angkanya akan turun saat dunia kembali ke keadaan normal.

Bagaimana dengan di Indonesia? Twitch rasa-rasanya kurang begitu populer. Di samping Facebook Gaming dan Youtube Gaming, ada satu lagi platform yang cukup ramai di Indonesia, yakni Nimo TV. Ramainya Nimo TV bukan tanpa alasan. Alasan utama karena banyak para pro player esport yang bermain secara live di sini. Hal ini juga ditunjang dengan event-event yang sering diadakan. Baru-baru ini, Nimo TV juga bekerjasama dengan pihak MPL ID untuk menanyangkan siaran langsung pertandingan liga profesional Mobile Legends season 7 di Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Platform mana yang sering Anda gunakan atau tonton?

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?
ROG Phone 8