28.6 C
Banjarmasin
Minggu, April 28, 2024

Tips Memilih Digital Agency Jakarta yang Tepat untuk Perusahaan

Teknologi.info – Seiring dengan perkembangan dunia teknologi khususnya di bidang pemasaran digital, kebutuhan perusahaan akan berbagai cara memasarkan produk mereka di social media atau semacamnya memang menjadi hal premier. Hal inilah yang menyebabkan munculnya begitu banyak Digital Agency di Jakarta yang menawarkan jasa-jasa seputar pemasaran secara digital.

Tidak jarang banyak perusahaan yang salah dalam menggandeng digital agency untuk membantu memasarkan produk mereka. Alhasil, campaign yang mereka jalankan tidak membuahkan hasil atau bahkan cenderung malah merugi. Oleh karena itu, kami telah menyusun tips jitu memilih digital agency di Jakarta atau Indonesia yang pas untuk perusahaan anda.

Cara Memilih Digital Agency di Jakarta

Sebenarnya tidak ada cara atau trik khusus dalam menentukan digital agency mana yang tepat untuk anda, yang anda butuhkan adalah kejelian dalam melihat latar belakang dan beberapa metode yang mereka pakai. Berikut ini adalah detailnya:

1. Tanyakan Model Bisnis Mereka
Setiap digital agency yang ada luar sana pasti memiliki model bisnis yang hampir tidak pernah sama. Ada beberapa agency yang menggunakan biaya per-service, per-project, atau bahkan per work hour. Ketika mereka mulai mengajukan jasa mereka, jangan ragu untuk bertanya seperti apa model bisnis yang ditawarkan sehingga kedua belah pihak bisa saling transparan satu sama lain.

2. Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan
Salah satu strategi yang dilakukan digital agency dalam menarik calon klien mereka adalah dengan membawa seorang expert atau orang luar ketika proses pitching berlangsung. Dengan begini, mereka akan terlihat lebih professional dan bisa mendapatkan perhatian dari calon client mereka. Namun, anda jangan terlena dengan hal ini. Terkadang para expert dan orang luar tersebut hanya datang ketika pitching berlangsung, dan ketika project sudah berjalan, pekerjaan akan dilakukan oleh anak buah mereka yang belum tentu memiliki ekspertise yang sama.

Oleh karena itu, sangat penting anda mencari tahu lebih dalam adalah latar belakang perusahaan tersebut. Cari korelasi pengetahuan dan keterampilan dari lapisan atas sampai bawahannya apakah memiliki kredibilitas dan cara komunikasi yang sesuai dengan harapan anda. Bila terjadi kesenjangan diantara beberapa divisi, bisa jadi mereka bukan digital agency yang cocok untuk perusahaan anda.

3. Cek Teknologi dan Metode Yang Mereka Pakai
Dalam proses eksekusi project, Digital Marketing Agency pasti menggunakan tools atau software untuk mencapai KPI mereka dan membantu mereka menghemat waktu. Untuk mengetahui apakah mereka up-to-date dengan kemajuan teknologi, anda bisa mencari tahu tools apa yang mereka gunakan saat ini. Sebagai contoh, anda sedang membutuhkan jasa SEO untuk produk anda, nah anda bisa cari tahu tools SEO apa yang biasa mereka gunakan untuk mengerjakan project semacam ini.

4. Portofolio Digital Marketing Agency Tersebut
Melihat portofolio calon digital agency yang akan anda gandeng juga termasuk salah satu hal yang penting. Pasalnya, jumlah dan brand client yang pernah mereka pegang kadang menggambarkan seberapa besar kredibilitas dan profesionalisme digital agency tersebut. Anda juga bisa melihat study case dan hasil kerja mereka dari client-client sebelumnya, dengan begitu anda bisa menilai apakah mereka cocok untuk perusahaan anda atau tidak.

5. Usia Dari Digital Agency, Sudah Lama atau Start Up.
Jika berbicara soal usia dari Digital Agency, tidak hanya melulu umur dari perusahaan tersebut. Walapun umur dari suatu digital agency penting, tapi pastinya kita juga ingin tahu apakah tim yang ada disana juga sudah lama terbentuk atau baru seumur jagung, tentunya anda ingin campaign anda ditangani oleh orang-orang yang berpengalaman bukan?

Dengan melakukan hal ini, anda dapat menyaring perusahaan digital marketing agency yang baru seumur jagung atau mereka yang hanya mengikuti trend digital marketing saat ini. Bukaannya merendahkan mereka yang baru terjun di dunia digital merketing, memang anak-anak muda cenderung lebih kreatif dan energic, tapi lebih dari itu pengalaman kesuksesan dalam menjalankan campaign jauh lebih penting dari semuanya.

Itulah beberapa tips untuk mencari digital agency yang terpercaya dan tepat untuk campaign perusahaan anda. Sekedar sharing, dari berbagai perusahaan digital marketing agency di Jakarta yang pernah bekerja sama dengan kami, Ydigital Asia adalah salah satu yang terbaik. Portofolio mereka juga tidak main-main, mereka sering mengerjakan berbagai project international seperti Line, Hermes, Thomas & Friends, Hot Wheels, Barbie, Shopkins, dan masih banyak lagi. Mungkin mereka bisa jadi referensi anda dalam mengerjakan campaign berikutnya. Kalau penasaran, anda bisa langsung mengejek profile perusahaan mereka di websitenya langsung.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam mencari perusahaan digital agency yang tepat untuk perusahaan anda. Ingat, kuncinya adalah kejelian dalam melihat latar belakang, model bisnis, metode yang mereka gunakan, serta portofilio mereka. Salam sukses!

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?