Coba Dulu 10 Menit Kalau Klop Baru Bayar, Fitur Terbaru Dari Google: Trial Run Ads

Share:

Teknologi.info – Pernah mengunduh atau membeli aplikasi dan games Android tapi ternyata kualitasnya diluar dugaan? Luar biasa jelek atau malah tidak bisa dibuka? Jika pernah, maka kekhawatiran tersebut akan hilang setelah pihak Google menawarkan ide terbarunya yang unik ini.

Selama ini, dua tombol yang akrab dijumpai oleh para pengguna Android di Google Play Store adalah Install/Pasang (untuk aplikasi gratis) dan Buy/Beli (untuk aplikasi berbayar), sekarang akan ada tombol terbaru yang ditambahkan oleh Google yaitu, fitur Trial Run Ads. Fitur terbaru ini memberikan hak kepada pengguna Android untuk mencoba aplikasi atau memainkan games selama 10 menit sebelum memutuskan untuk membelinya.

Semua aplikasi dan games yang memiliki fitur ini dimasukkan ke aplikasi streaming cloud sehingga hanya pengguna yang terkoneksi melalui WiFi saja yang dapat mencoba fitur keren ini. Untuk kedepannya, Google mungkin akan memberikan akses bagi pengguna yang terkoneksi jaringan telekomunikasi seluler. Namun, untuk sementara fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Alasan Google memberikan fitur Trial Run Ads ini kemungkinan besar dikarenakan mayoritas pengguna Android hanya menggunakan aplikasi atau game hanya dalam beberapa waktu saja setelah di-install. Hal ini dikarenakan, aplikasi atau games tersebut tidak benar-benar dibutuhkan oleh pengguna, namun hanya sekedar untuk mencari hiburan. Sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh pihak Google sendiri yang menyatakan bahwa 1 dari 4 aplikasi yang di-install tak pernah dipakai lagi.

Dalam waktu 10 menit yang diberikan, diharapkan pengguna mampu memutuskan apakah ingin menginstall atau bahkan membeli setelah mendapatkan gambaran mengenai gameplay, user interface, dan manfaat dari aplikasi dan game tersebut.

Sebenarnya, fitur ini bukan termasuk hal yang baru. Karena Microsoft juga telah melakukan hal yang sama untuk penggunanya melalui fitur Try before Buy. Bedanya, jika di Android pengguna hanya menjalankan aplikasi secara streaming via cloud, maka di Windows pengguna perlu meng-install dahulu ke perangkat.

Kebijakan baru dari Google ini patut diberi apresiasi. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi pengguna agar tidak perlu menghabiskan kuota untuk mengunduh aplikasi atau game yang nantinya malah tidak terpakai. Manfaat untuk developer sendiri, fitur ini memberikan tantangan bagaimana agar mampu menunjukkan keunggulan aplikasi yang dibuat dalam rentang waktu 10 menit.

Jadi, jangan kaget ya jika dalam beberapa minggu ke depan akan ada tombol baru di Google Play Store.

Coba Dulu 10 Menit Kalau Klop Baru Bayar, Fitur Terbaru Dari Google: Trial Run Ads | Niko Febrianur | 4.5

Kirim Komentar