Apa Perbedaan Samsung Galaxy J2 dengan Galaxy J3?

1703
Perbedaan Samsung Galaxy J3 dan Galaxy J2
Perbedaan Samsung Galaxy J3 dan Galaxy J2

Teknologi.info – Samsung Galaxy J2 terbilang cukup sukses di pasar Indonesia. Belum habis triwulan pertama tahun 2016 ini, Samsung kembali mengeluarkan “adik” dari seri Galaxy J2; yakni, Samsung Galaxy J3. Pada ponsel pintar J3 ini, dikatakan ada beberapa poin yang tercatat meningkat dibanding versi sebelumnya. Nah, apa saja perbedaan antara Samsung Galaxy J2 dengan Galaxy J3? Berikut Teknologi.info sampaikan perbedaannya.

Layar

Samsung Galaxy J2 menggunakan teknologi layar sentuh di layar LPS TFT capasitive dengan panjang diagonal layar 4,7 inci dan resolusi 960px X 540px (qHD) serta kerapatan 233 PPI (Pixels per Inch).

Sedangkan Samsung Galaxy J3 menggunakan layar berteknologi super AMOLED capasitive dengan panjang diagonal meningkat 0,3 inci menjadi 5 inci. Resolusi pun naik menjadi 720px X 1280px serta kerapatan 244 PPI.

Prosessor

Samsung Galaxy J2 menggunakan prosesor QuadCore ARM Cortex A7 1,3 GHz chipset Exynox 3475 berpasangan dengan GPU milik Mali-T720MP.

Samsung Galaxy J3 kini lebih bertenaga berkat hadirnya prosesor ARM Cortex A53 64 bit 1,2 GHz chipset Qualcomm Snapdragon 410 disandingkan dengan GPU keluaran Adreno 306.

Kamera

Samsung Galaxy J2 memiliki kamera utama berkekuatan 5 Mega Pixels (MP) dan kamera sekunder/depan sebesar 2 MP.

Samsung Galaxy J3 mendapat peningkatan di sektor kamera dengan menjadi 8 MP untuk kamera utama dan kamera depan menjadi 5 MP. Fitur auto focus dan lampu flash LED masih tetap mempertahankan versi terdahulu.

Jika dilihat dari perbandingan yang dituliskan di atas, sudah barang tentu Samsung Galaxy J3 memiliki peningkatan baik tampilan maupun performa. Meski demikian, sistem operasi yang disematkan tetap tidak ada perbedaan; sama. Sama-sama Android 5.1 Lollipop dengan user interface (UI) khas Samsung TouchWiz. RAM kedua ponsel cerdas ini juga sama-sama 1 .GB.

Selebihnya? Sama. Versi J3 memiliki kapasitas memori 8 GB dan bisa diperluas lagi dengan tambahan microSD hingga 64 GB. Kedua smartphone ini juga dapat berjalan di jaringan 4G LTE dengan masing-masing memiliki fitur konektivitas seperti port micro USB, GPS, Bluetooth dan WiFi.

Bagaimana dengan harga? Melihat ada sisi peningkatan kemampuan di J3, harga juga pasti akan berbeda. Jika J2 dibanderol di kisaran 1,8-1,9 juta, J3 diperkirakan akan berada di posisi lebih dari 2 juta. Siap mengangti Samsung Galaxy J2 Anda dengan yang terbaru? Apakah layar, prosessor, dan kamera lebih baik adalah prioritas Anda?