Android 12L, Mahluk Apalagi Ini?

146
Android 12L Indonesia

Teknologi.info – Setiap tahun, Google merilis setidaknya satu pembaruan Android secara mayor atau besar-besaran. Untuk tahun 2021 ini, ada Android 12. Namun, ternyata Google belum selesai dengan angka 12 itu. Pembaruan berikutnya adalah Android 12L dan ini tidak seperti biasanya. Mengapa?

Di masa lalu, Google sering merilis pembaruan dengan dot atau “titik” tambahan. Misalnya, Android 4.0, 4.1, 4.4 dan lainnya adalah “pembaruan titik”. Namun, itu tidak terjadi lagi sejak Android 9. Lalu, sekarang Android 12 mendapatkan pembaruan “L” alih-alih pembaruan “titik”?

Android 12L adalah “Feature Drop”

Google tidak mengacu pada Android 12L sebagai pembaruan Android biasa. Perusahaan menyebutnya sebagai “Feature Drop”, sama seperti Feature Drops yang kadang-kadang diluncurkan ke ponsel pintar Pixel. Jadi apa bedanya?

Feature Drop ditargetkan pada perangkat tertentu dengan fitur yang sangat terfokus. Ini bahkan lebih bertahap daripada pembaruan “titik”. Rilis versi Android utama tersedia untuk semua ponsel di platform dan tersedia di Android Open Source Project (AOSP), sedangkan Feature Drop biasanya lebih terbatas.

Berkaitan dengan Layar Lipat dan Layar Besar, kah?

Jadi jika Android 12L adalah Feature Drop, perangkat mana yang akan mendapatkannya? Android 12L adalah untuk perangkat dengan layar besar, terutama perangkat yang dapat dilipat. Android menambahkan dukungan dasar untuk perangkat yang dapat dilipat di Android 10, tetapi Android 12L bertujuan untuk meningkatkannya.

Android 12L mengoptimalkan antarmuka pengguna untuk jenis perangkat ini. Notifikasi, Pengaturan Cepat, layar beranda, dan layar kunci semuanya telah diperbarui dengan mempertimbangkan layar besar yang dapat dilipat. Misalnya, Pengaturan Cepat dan pemberitahuan dapat ditampilkan dalam tampilan dua kolom.

tata letak dua kolom Android 12L
Tata letak dua kolom Android 12L

Layar besar sangat bagus untuk multitasking, dan Android 12L juga memiliki peningkatan di sana. Seperti Snap di Windows, Anda dapat menyeret ikon aplikasi dari bilah tugas—juga baru di Android 12L—ke satu sisi layar untuk memasukkannya ke mode layar terbagi. Perhatikan gambar bergerak di bawah ini:

Salah satu keluhan yang paling banyak disampaikan dengan aplikasi Android adalah tampilannya pada ukuran layar yang tidak teratur seperti perangkat yang bisa dilipat. Anda akan sering melihat “letterboxing”, yaitu bilah hitam di bagian samping atau atas dan bawah. Android 12L memungkinkan produsen perangkat untuk memutuskan tampilannya. Mereka dapat mengubah ukuran, bentuk, warna, membulatkan sudut, atau mengubah posisinya.

Sederhananya, Google memahami bahwa layar yang dapat dilipat dan perangkat layar besar adalah masa depan. Android 12L adalah pembaruan antarmuka yang sangat dibutuhkan untuk mendukung faktor bentuk baru ini dengan lebih baik.

Kapan Android 12L Tersedia?

Android 12L dijadwalkan rilis awal tahun depan (2022). Seperti yang disebutkan, ini tidak akan menjadi update yang hadir di semua perangkat Android. Pembaruan ini secara khusus akan tersedia untuk mitra OEM (dengan kata lain, produsen perangkat) untuk device yang bisa dilipat, tablet, dan perangkat layar besar lainnya.

Tentu saja, banyak fitur baru di Android 12L seperti API untuk pengembang. Perlu beberapa waktu bagi aplikasi untuk menerapkan fitur ini meskipun perangkat Anda mendapatkan Android 12L. Jika Anda seorang pengembang Android, Anda dapat mulai bekerja dengan API-nya sekarang.

Google mengatakan Android 12L juga untuk “ponsel”, tetapi sebagian besar fitur tidak akan terlihat di layar yang lebih kecil. Mungkin saja banyak OEM Android yang tidak akan menyediakan pembaruan ini untuk ponsel layar “kecil” nya karena update ini tidak akan begitu terlihat jika bukan di layar lipat atau layar yang besar.

Sudah tidak sabar untuk men-download Android 12L?