WhatsApp di Empat Perangkat Sekaligus Bahkan tanpa Telepon Aktif?

Masih versi Beta dan Private, belum bisa dicoba semua orang

162
WhatsApp Multi Device tanpa Nomor HP
Bisa gunakan WhatsApp hingga 4 Device bahkan saat handphone mati?

Teknologi.info – Sampai saat ini, menggunakan web WhatsApp (WA) di komputer desktop atau PC ataupun perangkat lainnya memerlukan ponsel yang aktif atau terhubung ke internet. Namun, dalam pengujian versi beta baru-baru ini, WhatsApp mengatakan bahwa nantinya, bisa terhubung ke beberapa perangkat bahkan tanpa memerlukan ponsel dalam prosesnya. Melalui posting blog mereka hari ini menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang telah mereka ujicoba dan bagaimana keamanan enskripsi WA tetap bisa terpenuhi sekaligus pengumuman peluncuran uji beta publik terbatas untuk kemampuan multi-perangkat WhatsApp yang baru.

Selama bertahun-tahun, sudah banyak orang-orang yang meminta pengembang WA untuk menghadirkan fitur multi-device yang memungkinkan orang menggunakan WhatsApp di perangkat lain tanpa memerlukan koneksi smartphone.

Dengan kemampuan baru ini, para pengguna WA nantinya bisa menggunakan WhatsApp di ponsel dan empat perangkat nonponsel lainnya secara bersamaan — bahkan jika semisal ponsel Anda mati. Setiap perangkat pendamping akan terhubung ke WhatsApp Anda secara independen dan tetap mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang sama melalui enkripsi end-to-end yang sama dengan sebelum multi-perangkat diterapkan. Pihak WhatsApp telah mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan enkripsi keamanan sambil tetap mengelola sinkronisasi data Anda — seperti nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang, dan banyak lagi — di seluruh perangkat yang digunakan.

Pihak WA juga memberikan gambaran bagaimana alur keamanan versi terdahulu dengan versi multi-device ini:

WhatsApp Multi Device versi Lama
Versi yang sekarang digunakan
WhatsApp Multi Device versi Baru
Versi BETA yang saat ini sedang diujicoba agar bisa multi device.

Seperti yang coba dijelaskan oleh gambar yang membandingkan sistem lama dan baru (di atas), sebelumnya, ponsel pengguna mengelola “kunci” yang menentukan identitas dan kemampuan mereka untuk mengenkripsi/mendekripsi pesan. Sinkronisasi terenkripsi juga berlaku untuk riwayat pesan, nama kontak, dan data lainnya, dengan kunci dipertahankan pada perangkat individual. Nah, di versi beta yang memiliki kemampuan multi-perangkat baru, perangkat pendamping nonponsel lainnya dapat terhubung ke WhatsApp secara independen sambil tetap mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang sama.

Versi beta ini hanya akan diberikan kepada sekelompok penguji terbatas yang sudah berada dalam program beta WhatsApp, tim WA juga mengatakan sedang berupaya meningkatkan kinerja dan menambahkan lebih banyak fitur.