Aplikasi Tribe Siap Bersaing Langsung dengan Snapchat

117
Salah Seorang Pengguna Smartphone Mengakses Aplikasi Tribe

Teknologi.info – Fenomena aplikasi Snapchat dengan fitur video story telling atau messaging membuat banyak bermunculan pesaing yang menyerupai. Salah satunya adalah Tribe dengan mengandalkan layanan serupa tapi berbeda dengan nama video messaging augmented.

Tribe yang baru diluncurkan tahun lalu sudah tersedia di Google Play Store dan iOS App Store. Pengguna dengan aplikasi ini dapat mengirim video durasi 15 detik tanpa mengetik keyboard cukup tekan dan terkirim. Pengguna dapat melakukan video group chat yaitu video dengan beberapa orang alias kelompok.

Fitur menjadi unggulan yaitu “Magic Words”, dimana dapat memberikan informasi seputar artis atau lokasi yang diucapkan si pengirim pesan di video. Info yang ditampilkan relevan dengan pesan video yang dilihat.

Contohnya, saat pengguna mengirimkan pesan video yang ingin nonton konser Adele, aplika akan mendeteksi kata “Adele” selanjutnya menampilkan nama penyanyi asal Inggris tersebut di sebelah kiri layar video disertai link ke Spotify untuk mendengarkan lagunya. Selain itu, ada link untuk mengarahkan pengguna ke tempat konser. Hal ini disebut Tribe sebagai “augmented messaging”.

Aplikasi ini dibuat oleh Cyril Paglino dengan pengguna sebanyak 500 ribu, yakin akan mendobrak dominasi Snapchat dan Instagram. Apalagi dengan tambahan dana dari Sequoia Capital sebesar 3 juta dollar amerika.

Cyril menjelaskan video akan menjadi trend dalam berkomunikasi, “Saya rasa video akan segera menjadi media komunikasi utama. Pesan video akan bertambah banyak dan nyaman digunakan orang untuk berbicara.”

Dengan fitur augmented messaging, Tribe ingin mengintegrasikan informasi ke pesan video sehingga menjadi pengalaman baru dan terbaik bagi penggunanya. Tribe sendiri mendapatkan penghargaan sebagai Aplikasi Baru Terbaik (Best New App) di App Store dengan bintang 5 yang tersebar di 120 negara pengguna iOS.

Tribe dapat di download di :

Google Play Store

iOS App Store

Advertisements