Rayakan Ulang Tahun Ke-4, Lazada Adakan Acara Diskon Hingga Rencana Kedepannya

469
Lazada, Ulang Tahun, Birthday Sale
Petinggi Lazada saat Ultah Lazada Ke-4

Teknologi.info – Lazada merupakan situs e-commerce di Indonesia yang pada bulan Maret ini merayakan ulang tahun ke-4. Untuk memeriahkannya, Lazada menyelenggarakan program Birthday Sale dari tanggal 15 – 18 Maret 2016 di websitenya. Setelah itu, pada tanggal 19 – 20 Maret 2016 akan adakan program khusus untuk aplikasi mobile.

Program tersebut menyediakan flash sale, penawaran terbaik, pengiriman gratis, bayar ditempat, promo & voucher dari partner, kejutan raksasa kerjasama Astra Life,  dan main acak kotak.  Untuk berbelanja mendapatkan semuanya itu, kalian tinggal mendatangi websitenya di Lazada Anniversary dan aplikasi mobile baik iOS serta Android.

Lazada, Ulang Tahun, Birthday Sale
Program Lazada Birthday Sale

Dalam kesempatan perayaan ulang tahun ke-4 tersebut, Lazada melakukan perkenalan petinggi baru untuk di Indonesia kepada media. Petinggi tersebut adalah Duri Granziol dan Florian Holm sebagai Co-Chief Executive Officer (Co-CEO) untuk Lazada Indonesia.

Duri Granziol menjelaskan Lazada siap untuk menyelenggarakan program ulang tahun Lazada seperti dikutip dari InfoKomputer, “Kami memperkirakan 15 juta orang akan mengunjungi situs Lazada Indonesia selama empat hari ini. Untuk itu, kami telah menyiapkan 540 ribu promo spesial dengan prediksi rekor penjualan Rp 600 juta dalam satu menit (pada titik puncaknya) dan total unit yang terjual bertambah tiga kali lipat dibandingkan program ulang tahun sebelumnya.”

Lazada melaporkan pendapatan kotor tahunan atau Gross Merchandize Value (GMV) sebesar USD 1,3 Miliar untuk kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Kontribusi terbesar GMV tahun 2015 didapatkan dari perangkat mobile sebanyak 60%, yang diunduh 30 juta kali oleh pengguna pada periode sama.

Magnus Ekbom sebagai Chief Strategy Officer Lazada Group mencatat ada 11.000 merchants yang bergabung serta fokus untuk meningkatkan jenis produk, memperluas infrastruktur logistik, dan memperkenalkan solusi pembayaran yang mendukung terciptanya pengalaman belanja yang mudah bagi penggunanya. Ditambah Lazada melihat adanya perubahan perilaku konsumen untuk online dan berbelanja dari komputer ke smartphone.

Lazada berencana akan memperluas basis pelanggan mereka di luar kota Jakarta. Hal ini sudah mereka analisis dengan memilih kota-kota prioritas yang menunjukkan pertumbuhan tinggi selain Jakarta. Kota tersebut adalah Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Bagaimana cara Lazada membangun basis pelanggan di luar Jakarta? Florian Hom sebagai Co-CEO Lazada Indonesia menjawab dengan melakukan roadshow ke 4 kota adalah caranya. “ Melalui roadshow ini, kami mencoba menjalin hubungan yang lebih erat dengan para pelanggan dan penjual (merchant). Kami juga mempelajari bahwa pelanggan menyukai jenis produk berbeda untuk kota-kota yang berbeda.”

Florian menambahkan 4 kota yang menjadi prioritas Lazada itu memiliki prilaku pelanggan yang berbeda dalam berbelanja. Seperti Kota Medan dengan favorit barang adalah jam tangan, Kota Bandung dengan peralatan rumah tangga, Kota Yogyakarta dengan action cam dan Kota Surabaya dengan smartphone terutama merek Xiaomi.

Lazada memberitahukan bahwa telah mengimplementasikan teknologi big data tahun ini dengan tujuan untuk memahami konsumen sehingga bisa melayani konsumen lebih baik lagi. Dengan data yang dikumpulkan dan diolah tim data science Lazada, maka didapatkan rekomendasi produk berdasarkan riwayat pembelian dan penelusuran dari konsumen. Dari situ juga Lazada akan menemukan konsumen baru.

John Berns sebagai SVP Head of Data Science Lazada Group mengklaim bahwa ketepatan data science dari Lazada dapat menentukan jenis kelamin pengguna berdasarkan perilaku penelusuran dengan capaian 83%.