Bukan Sekedar Hiburan, Bermain Solitaire juga bisa Menstimulasi Otak

149
solitaire games indonesia
Image Credit: solitaire.org

Teknologi.info – Apakah Anda tahu dengan permainan Solitaire? Pernah memainkannya? Atau malah cukup jago dalam bermain permainan satu ini? Saya pertama kali mengenal Solitaire sekitar tahun 2000an awal, yakni saat komputer di masa itu memiliki sistem opererai Windows ME (Milenium Edition). Karena di daerah tempat saya tinggal belum tersedia internet yang mumpuni, jadi hanya game-game “ringan” lah yang bisa dimainkan. Buang jauh-jauh pikiran Anda jika saya pada saat itu bisa bermain online antar pemain lain (multi player online). Sehingga, ketika menceritakan tentang permainan Solitaire ini, ada sedikit rasa nostalgia dalam mengenang masa lalu.

Dulu memang sekedar main-main saja. Tidak pernah terpikir apa manfaat dari bermain game ini. Belakangan, saya mencoba kembali permainan ini melalui online. Cukup mengasyikan apalagi ketika pekerjaan mulai terasa buntu, sedikit bermain mungkin bisa menyegarkan kembali pikiran yang ada.

Ternyata, menurut beberapa artikel yang ada, permainan Solitaire dapat membantu merangsang pikiran dan menjaganya tetap sehat. Bahkan beberapa mengatakan jika permainan Solitaire bisa membantu anak-anak bermain sambil berlatih mental pikiran mereka dengan baik.

Jika menjaga tubuh tetap fit dibutuhkan latihan atau olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat-aktif. Lantas, bagaimana cara menjaga otak (pikiran) tetap sehat? Ini yang terkadang terabaikan. Padahal, otak juga memerlukan “latihan”. Semakin banyak Anda menggunakan dan merangsangnya, semakin besar peluang pikiran Anda untuk tetap tajam dalam waktu yang lama. Untuk mewujudkan tujuan ini, Anda dapat mempelajari sesuatu yang baru, memecahkan teka-teki, dan memainkan game yang menantang. Jadi di bawah ini, Anda akan tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan aktivitas mental Anda jika Anda bermain Solitaire secara teratur.

Menjaga Pikiran untuk Tetap Aktif

Salah satu cara terbaik untuk menjaga pikiran Anda tetap sehat dan sekaligus terhibur adalah dengan bermain kartu. Ada banyak jenis permainan kartu. Dan yang tidak lekang termakan zaman salah satunya adalah Solitaire. Tidak perduli berapa usia Anda, apa jenis pekerjaan Anda, permainan ini bisa dimainkan siapa saja.

Solitaire pada dasarnya merupakan sebuah permainan teka-teki kartu. Memecahkannya dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif, memori, dan kesehatan otak Anda secara keseluruhan. Anda akan dapat mempertahankan ketajaman pikiran, terutama jika Anda bermain untuk waktu yang lama.

Menyenangkan

Tentu saja. Bermain game ini akan menyenangkan. Meski dalam beberapa kasus, saya pernah mendapati yang menurut saya cukup sulit. Namun, ini merupakan tantangan tersendiri. Jika masih ada waktu tersisa di waktu istirahat siang, Anda tetap bisa bermain secara online di https://www.solitaire.org/ bisa dengan laptop atau melalui smartphone Anda. dengan aplikasi tidak sesulit itu karena itu juga akan memberi Anda kesenangan yang Anda cari. Perpaduan sempurna antara tantangan dan hiburan adalah satu hal yang dimiliki Solitaire, memungkinkan setiap orang untuk menjaga otak mereka tetap terstimulasi dan sehat.

Tingkatkan Keterampilan Anda dalam Mengembangkan Strategi

Karena Solitaire mengharuskan seseorang untuk berpikir ke depan, ia melatih otak Anda, terutama yang terlibat dalam menciptakan strategi. Meskipun Solitaire tidak menyertakan skema pemindahan yang terlalu rumit, Anda masih akan menggunakan beberapa skema pergerakan setiap kali Anda bermain. Beberapa mengatakan bahwa bermain jenis ini juga mengandalkan keberuntungan. Namun, jika Anda memiliki strategi khusus, Anda akan menang lebih banyak dari yang tidak memiliki strategi sama sekali. Jadi apakah Anda memainkan Solitaire klasik atau varian lainnya (Klondike, Freecell, Spider, Pyramid dan lainnya) mencari keputusan strategi yang akan bermanfaat dalam jangka panjang pasti akan membantu merangsang otak Anda.

Anda bebas mau memainkan strategi apapun di game solitaire yang manapun. Anda bisa melihat-lihat jenis game solitaire yang ada di https://www.solitaire.org/solitaire-games/ . Saya? Saya lebih suka yang versi klasik.
Play Free Classic Solitaire Card Games Online With No App Download

Membantu Anda Menjadi Tenang

Anda mungkin berpikir bahwa memiliki pikiran yang jernih tidak berpengaruh apa-apa pada otak Anda, tetapi ini sebenarnya tidak benar. Memasangkannya dengan aktivitas seperti Solitaire dapat menghasilkan keajaiban! Ini akan memberi pikiran Anda sesuatu untuk fokus dan melupakan sisa kekhawatiran dan masalah Anda juga. Memiliki pikiran yang tenang juga akan melatih Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik, tidak hanya dalam permainan tetapi dalam semua aspek kehidupan Anda.

Kesimpulan

Entah Anda bermain dengan kartu fisik atau dengan online di www.solitaire.org di smartphone Anda, Anda pasti akan memperoleh manfaat dalam hal menjaga kesehatan otak Anda. Ini bukan hanya permainan yang menghibur tetapi juga alat yang akan membuat pikiran Anda tetap aktif. Bermain permainan kartu Solitaire mungkin tampak seperti aktivitas sederhana. Namun, ia menawarkan banyak fasilitas dan memungkinkan Anda memiliki waktu luang yang menyenangkan.

Situs solitaire.org ini bisa dimainkan langsung, jadi Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apapun. Cukup buka dari browser chrome di laptop atau ponsel pintar Anda saja, maka Anda sudah bisa bermain dan mengasah otak. Di situs tersebut juga ada permainan lain yang tidak kalah seru seperti Word Games, Hidden Object Games, Card Games, dan Match 3 Games.

Anak saya sangat suka bermain Merge the Gems yang bisa juga Anda temukan di bagian Logic Puzzle Games. Game ini melatihnya memasangkan angka, memecahkan rintangan yang ada (angka bertumpuk) dan tentunya, di usianya sekarang, sangat cocok untuk membantunya belajar sekaligus bermain dengan angka-angka.

Bermain Merge the Gems

Sama seperti permainan yang lain, yang penting bisa mengatur waktu, jangan sampai bermain malah mengabaikan kewajiban Anda yang lain. Apalagi jika yang bermain adalah anak-anak, selalu diperhatikan screentime mereka 😉

Kalau Anda, suka permainan solitaire yang mana? Atau ada saran permainan apa yang biasa Anda mainkan untuk mengasah otak Anda? Silakan Berbagi di kolom komentar di bagian bawah 😉