Google Rilis Data Penelusuran Tertinggi tahun 2020

Pencarian yang membentuk tahun 2020 dari Google Trends. #YearInSearch

172
pencarian tahun 2020
Year in Seacrh 2020 | Gambar: Google Trends

Teknologi.info – Inilah saatnya ketika Google mengungkapkan penelusuran teratasnya selama 12 bulan terakhir dan memberikan gambaran kepada publik tentang apa yang paling diminati oleh banyak orang di dunia (termasuk Indonesia). Hasil tahun ini sama sekali tidak mengejutkan secara global. Mungkin Anda sudah bisa menebak tentang penelusuran teratas karena bisa jadi Anda juga sering mencarinya.

Pencarian Teratas secara Global

Penelusuran “Coronavirus” menjadi yang paling tinggi secara global dan ini tidak perlu dijelaskan mengapa bisa paling banyak dicari. “Election results” berada di urutan kedua dalam kategori Penelusuran sekaligus juga menempati posisi pertama dan kedua dalam kategori Berita. Google memang membagi data pencariannya menjadi berbagai topik, seperti atlet, Games, konser, aktor, film, orang, dan banyak lagi.

Sepertinya sudah lama sekali, tetapi tidak terlalu mengejutkan bahwa “Tiger King” menjadi penelusuran teratas untuk acara TV; “Parasite” menempati posisi teratas untuk Film, sedangkan “Among Us” dan “Fall Guys” adalah 2 Game yang paling banyak dicari. Menggali ke kategori lain, Tom Hanks mendapat kehormatan menjadi pencarian teratas dalam kategori aktor.

Mungkin yang lebih menarik adalah penelusuran teratas dalam kategori “Resep” – sepertinya banyak orang yang tertarik dengan ‘kopi Dalgona’ di tahun ini. Di tempat kedua adalah ‘Ekmek’ diikuti oleh “sourdough bread” dan “pizza”.

Sedangkan untuk penelusuran kategori “People“, Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa Trump tidak masuk dalam daftar lima besar. Pencarian paling banyak jatuh kepada Joe Biden, diikuti oleh Kim Jong Un, Boris Johnson, Kamala Harris, dan Tom Hanks.

Bagaimana Tren Pencarian di Indonesia?

Dalam kategori “Apa itu”, “Ghosting” menempati urutan pertama disusul Gabut, Lockdown, Rebahan dan WFH.

Yang menarik ada pada kategori “Bagaimana cara”. Bisa kah Anda tebak apa? Yang paling banyak dicari di Indonesia di kategori ini adalah “Cara Daftar UMKM”. Apakah kebanyakan hanya ingin mendapatkan bantuan pemerintah? Atau karena situasi semakin sulit sehingga UMKM adalah opsi terbaik saat ini? Kemudian urutan selanjutnya ditempati oleh kata kunci “Cara Menjadi YouTuber Pemula”, “Cara Menjadi Reseller”, “Cara Membuat Hand Sanitizer” dan “Cara Menjadi Terkenal”.

Hampir semua di kelompok “Bagaimana Cara” berhubungan dengan keterampilan “self employed”. Pada akhirnya, data Google Trends memberikan gambaran menarik tentang apa yang menarik minat publik selama pandemi; Anda juga bisa melihatnya sendiri di sini.